Filled Under:

Cara Membuat Artikel Sederhana Yang Baik

Contoh artikelCara Membuat Artikel Sederhana Yang Baik - Mungkin dari kalian semua masih awam atau baru mulai belajar untuk membuat sebuah artikel, untuk membuat sebuah artikel yang baik dan pastinya berbobot seharusnya kita mengenal dan memahami dengan betul topik yang kita bahas, banyak sekali topik yang dapat kita bahas dan buat menjadi artikel sederhana seperti tentang kesehatan, lingkungan, pengalaman hidup, dan sebagainya. Namun sebelum anda membuat sebuah artikel yang paling utama yang perlu anda perhatikan adalah judul artikel yang hendak anda buat, karena dari judul maka anda akan dapat mengambangkan paragraf demi paragraf artikel anda dengan baik.
Membuat artikel
Artikel ini adalah suatu pedoman dan bukan kebijakan. Isi artikel ini merupakan kumpulan saran bagaimana membuat suatu artikel menjadi lebih baik. Anda dapat membantu melengkapi artikel ini dengan menambahkan pendapat Anda, atau menerjemahkan dari artikel aslinya.

A. Beberapa Langkah Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik:


Bagaimanapun sebuah karya tulis yang baik memiliki maksud dan tujuan penulisan terhadap bagi setiap yang membacanya. Misalnya menulis artikel tentang “Khasiat Buah Naga”, haruslah berisikan informasi akurat terhadap tema yang diusung, sehingga pembaca akan menyukainya. Beberapa langkah berikut ini akan membimbing para pemula untuk membuat artikel yang baik, seperti berikut :
  1. Pikirkan topik yang ingin di tulis pada artikel – Menulis tentang topik yang relevan dengan minat merupakan awal yang baik, untuk membuat artikel lebih akurat. Menulis tentang sesuatu yang menjadi inspirasi anda atau apa yang sedang ingin dilakukan.
  2. Selalu menggunakan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang benar – Mekanisme cara membuat artikel yang baik ini sangat penting untuk diterapkan ketika akan menulis sebuah artikel yang ingin dibaca orang lain. Menulis dengan tata bahasa yang baik akan memudahkan pembaca untuk mencerna isi dari artikel tersebut.
  3. Gunakan diksi yang meninggikan – seperti “Apa itu?” Anda mungkin bertanya. Diksi berarti tinggi, bisa cukup sederhana seperti menggunakan huruf besar. Untuk memamerkan berbagai kosakata yang diterima pada sebagian besar topik pada artikel.
  4. Menjelaskan topik – Gunakan istilah deskriptif dan paragraf untuk lebih menjelaskan maksud dari isi artikel tersebut. Pembaca tidak bisa membaca pikiran penulis, jadi tulislah paragraf untuk menggambarkan apa yang ingin diutarakan.
  5. Jauhkan pendapat pribadi – Jangan membuat artikel tentang bagaimana anda membenci kucing atau bagaimana jenis kepribadian anda. Buatlah sebuah artikel yang jujur ​​tentang bagaimana cara menyelesaikan sebuah tugas.
  6. To the point – Sepertinya tidak seorang pun yang akan membaca pengantar artikel jika lebih lama dari maksud artikel tersebut. Menginformasikan topik artikel pada pembaca jangan terlalu panjang meliputi  sekitar lima kalimat atau kurang.
B. Poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah artikel:

1. Buat Judul atau Headline artikel yang kreatif dan menarik. Judul atau headline artikel yang menarik akan memungkinkan pembacanya merasa penasaran dengan  keseluruhan isi dari artikel tersebut. Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tapi justru hal itu  akan mengurangi nilai dari artikel tersebut. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya.

2. Gunakan paragraph , Justify ( rata kanan-kiri), bullet atau pendukung lainnya sehingga artikel yang ditampilkan terlihat rapi. Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bolt ( huruf tebal ), italic ( huruf miring ) ataupun Underline( garis bawah ) pada kalimat atau kata-kata yang di anggap penting. Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan.

3. Buatlah artikel yang isinya dapat mebuat pembacanya merasa terkesan dan seakan-akan dia yang mengalaminya. Gunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jangan berlebihan. Apabila di butuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan  sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya

4. Gunakan istilah dan tata bahasa yang mudah dicerna. Tata bahasa yang berbelit-belit biasanya akan membuat pembacanya merasa bosan karena tidak langsung ke pokok persoalan yang mereka butuhkan. Untuk  Penggunaan istilah baru atau yang kurang umum hendaknya diberi penjelasan tambahan berupa kurung buka dan kurung tutup sehingga pembaca menjadi lebih mengerti dengan apa yang dimaksud.

5. Nah yang terakhir merupakan point penting nich, Tulislah artikel yang merupakan hasil dari kreatifitas dan idea sendiri jangan hasil copy paste. Hasil copi paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas blog kita di mata pembaca. Kesannya mungkin seperti ini “ kalau cumin copy paste saya pun juga bisa posting seperti itu “.  Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah point-point yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri.

C. Kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dalam penulisan artikel:

1. Review dan sintesis literatur yang mentah, tidak konsisten, dan mekanistik.
2. Motivasi yang tidak meyakinkan.
3. Penggunaan teori yang lemah.
4. Kesimpulan dan implikasi yang terlalu ‘percaya diri’ dan tidak konsisten.
5. Tidak ada diskusi yang hati-hati terkait dengan keterbatasan dan generalisasi penelitian.
6. Penggunaan istilah yang tidak konsisten, tiadanya konseptualisasi istilah yang memadai.
7. Penulisan yang buruk dan tidak komprehensif.

Lihat artikel sebelumnya: Apa Sih Penyakit Panu Itu? Penyakit Yang disebabkan Jamur