Filled Under:

Apa Saja Fungsi Modem Pada Komputer ?

Cerita dewasa kehidupan - Apa Saja Fungsi Modem Pada Komputer ? - Modem adalah alat komunikasi dua arah, modem berasal dari  singkatan istilah Modulator dan istilah Demodulator. Arti dari modulator sendiri merupakan bagian yang yang dapat mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan untuk arti istilah Demodulator adalah bagian yang dapat memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik, modem merupakan sebuah alat yang memiliki gabungan dari kedua fungsi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, modem akan mengubah data digital yang berasal dari komputer menjadi sinyal analog, dan disaat modem menerima data sinyal yang berasal dari luar, maka modem akan merubahnya menjadi data digital yang dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.

Secara fisik modem dibagi menjadi dua yakni modem eksternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang berada di luar perangkat utama CPU, modem eksternal dihubungkan melalui sebuah kabel yang diberi nama kabel LAN dan kabel USB. Sedangkan modem internal adalah modem yang menyatu dengan perangkat utama CPU, terdapat di papan ekspansi yang tersambung dengan motherboard.
Contoh gambar modem eksternal
Fungsi-fungsi modem yang umum:
1. Merubah data digital yang berasal dari komputer menjadi sinyal analog.
2. Merubah sinyal analog yang berasal dari luar menjadi data digital yang dapat diolah lebih lanjut oleh komputer.
3. Mampu mengkompresi data yang dikirim melalui sinyal.
4. Sebagai perantara antara komputer ke jaringan internet.

Baca artikel menarik sebelumnya yang membahas mengenai manfaat madu.