Filled Under:

5 Kesalahpahaman Tentang Teknologi

Bicara soal teknologi, pasti tidak akan ada habisnya. Apalagi di jaman sekarang ini, dalam mengaplikasikan segala hal, pasti membutuhkan teknologi. Sesuai dengan perkembangan jaman, kemajuan teknologi pun makin canggih. Kehadiran teknologi dapat dikatakan sangat membantu dalam mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Namun, masih ada beberapa kesalahpahaman manusia mengenai beberapa teknologi. Yuk, kita simak 5 kesalahapahaman kita mengenai teknologi berikut ini :

5. Apple Mac dan virus


Selama ini hal yang kita ketahui tentang produk – produk Mac nya Apple adalah bahwa produk ini tidak bisa terkenal oleh virus komputer. Hal itu adalah salah besar. Mac nya Apple ternyata bisa terkena virus, walaupun jarang dan hampir tidak pernah. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa ada virus yang bernama Macro Virus yang ada pada dokumen – dokumen dalam Microsoft Word dan Excel. Oleh karena aplikasi Microsoft Words dan Excel juga dapat dioperasikan dalam sistem Mac, maka Macro Virus ini pun berpotensi untuk menyerang Mac. Sebetulnya, Apple mempunyai daftar 4 virus yang mungkin menyerang sistem Mac. Walaupun keempat virus ini jarang muncul dalam sistem Mac. Alasan sebenarnya sistem Mac ini sulit diterobos oleh virus – virus adalah karena sistem Mac pengoperasiannya berbasiskan pada subsistem Unix. Subsistem Unix ini biasanya mencegah penggunanya untuk mengakses perangkat – perangkat lunak yang dapat menyebabkan kerusakan yang berbahaya pada sistem.

4. Jalan Bebas Hambatan


Jalan Bebas Hambatan yang pertama di dunia berada di Jerman. Jalan Bebas Hambatan ini populer dengan sebutan Autobahn (bahasa Jerman). Banyak orang mengira bahwa penemu Autobahn ini adalah Hitler dan Nazi. Mungkin karena kemunculan Autobahn yang pertama ini adalah di Jerman yang identik dengan Hitler. Padahal penggagas autobahn yang dibangun pada tahun 1931 itu adalah Konrad Adenauer, Walikota Cologne. Autobahn pertama ini dibuka dua tahun sebelum Hitler menjadi Kanselir Jerman. Namun, fakta menarik lainnya, autobahn pertama ini adalah proyek kesayangan sang diktator.

3. Kamar Kecil di Pesawat


Apa reaksi Anda ketika mendengar bunyi pesawat udara terbang di atas Anda. Mungkin beberapa dari kita akan segera berteduh mencari perlindungan. Mengapa? Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa ketika kita buang air kecil atau besar di atas pesawat terbang, kotoran kita akan dibuang ke udara. Mungkin dari saluran pembuangan itu, ada suatu pintu kecil yang terbuka sehingga kotoran kita langsung dibuang ke udara. Padahal anggapan Anda itu salah. Sebenarnya di dalam sebuah pesawat terbang, ada sebuah tangki kosong untuk menampung kotoran yang kita buang di toilet. Tangki itu akan tetap menampung kotoran sampai pesawat mendarat. Setelah mendarat, barulah kru pesawat yang bertugas untuk mengosongkan tangki tersebut membuangnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi Anda akan tersiram air seni dari pesawat udara.

2. Video Game yang Pertama


Komputer sudah ditemukan lebih lama dari yang Anda perkirakan. Namun, berbicara mengenai komputer, pasti mengingatkan kita akan video game. Banyak orang beranggapan bahwa video game yang pertama adalah Pong. Pong pertama kali diperkenalkan oleh Atari pada tahun 1972. Pong adalah permainan arkade, dimana terdapat 2 raket berhadapan dengan sebuah bola. Mirip seperti permainan tenis virtual. Pong juga adalah video game komersial pertama yang sangat sukses di pasaran dan merupakan pencetus industri -industri video game sekarang ini. Tapi… ternyata dua puluh tahun sebelum lahirnya Pong, ada permainan lain yang sudah diciptakan. Tahukah Anda permainan bernama OXO? Permainan yang tediri dari 9 kotak dimana Anda dan lawan Anda harus berlomba menderetkan huruf X atau O sebanyak 3 kali berturut – turut? Dan yang pertama bisa menderetkan 3 huruf yang sama menjadi pemenangnya. Permainan ini diciptakan oleh Alexander Douglas untuk tesis PhD nya di Cambridge University. Fakta yang menakjubkan bukan, bahwa video game yang pertama ditemukan 60 tahun yang lalu.

1. Internet dan Web


Hampir setiap orang di dunia ini menganggap bahwa Web (jaringan) adalah Internet. Anggapan tersebut adalah persepsi yang salah. Internet tidak sama dengan Web. Internet sendiri muncul pada tanggal 1 Januari 1983 dimana pendahulunya (ARPAnet) mulai menggunakan TCP / IP. IP ini adalah sistem jaringan komunikasi dan masih digunakan sampai sekarang. Sedangkan Web ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. World Wide Web sendiri terdiri dari server dan klien (seperti Firefox, Safari, dan IE) yang menampilkan halaman. Internet adalah seperangkat teknologi di bawah web yang memungkinkan adanya web. Jika Internet tidak ada, maka web pun tidak akan bisa berfungsi. Namun jika web tidak ada, internet masih bisa berfungsi. Program selain web yang menggunakan internet adalah email, IRC (Internet Relay Chat), BitTorrent, telnet, FTP, dll.