London – Bayangkan Anda pergi dari Indonesia ke New York. Ini ditempuh hanya dalam beberapa jam saja. Evacuated Tube Transport (ETT) akan mewujudkannya. Penasaran?
ETT merupakan bentuk transportasi yang diklaim para perancang aman, lebih murah dan tak berisik seperti kereta api dan pesawat, seperti dikutip DM.
Menggunakan tuba kedap udara, pod berpenumpang enam yang mampu membawa beban183kg ini mampu melaju di kecepatan 6.500km/jam menggunakan energi jauh lebih hemat dibanding transportasi konvensional.
Melalui kecepatan ini, New York-Los Angeles bisa ditempuh dalam 45 menit dan dari New-York-China hanya butuh dua jam perjalanan.
Untuk berkeliling dunia, hanya butuh enam jam saja. Selain itu, para perancang ini mengklaim ini, pembuatan ETT akan sangat murah.
Ide ETT muncul pada 1997 oleh teknisi mesin Daryl Oster. Sejak itu, setelah mendapat hal paten, ia berhasil membangun konsorsium lisensi untuk membantunya mengembangkan sistem ini.
Cutting down the commute: Travelling from New York to Los Angeles would take just 45 minutes, ETT's designers say
Menggunakan tuba kedap udara, pod berpenumpang enam yang mampu membawa beban183kg ini mampu melaju di kecepatan 6.500km/jam menggunakan energi jauh lebih hemat dibanding transportasi konvensional.
Melalui kecepatan ini, New York-Los Angeles bisa ditempuh dalam 45 menit dan dari New-York-China hanya butuh dua jam perjalanan.
Untuk berkeliling dunia, hanya butuh enam jam saja. Selain itu, para perancang ini mengklaim ini, pembuatan ETT akan sangat murah.
Ide ETT muncul pada 1997 oleh teknisi mesin Daryl Oster. Sejak itu, setelah mendapat hal paten, ia berhasil membangun konsorsium lisensi untuk membantunya mengembangkan sistem ini.
Superfast: An artists impression shows how evacuated tube transport tracks might look in a beautiful rural area, with mountains in the background
Doesn't do away with queues... But the six-seat, 183kg passenger pods are designed to reach phenomenal speeds of up to 4,000mph (6,500kph)
Cheap: The designers behind ETT say it would be just a quarter the cost of motorways and a tenth of the cost of high-speed railways to build