Filled Under:

Tips Gigi Sehat: Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Teh Hitam

Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Teh Hitam
Teh hitam
Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Teh Hitam - Sudah banyak sekali khasiat teh yang dibuktikan dalam penelitian. Kini satu lagi manfaat dari minum teh hitam, yaitu mencegah gigi berlubang.
Menurut peneliti, rajin minum teh hitam sebanyak tiga cangkir sehari mampu menyehatkan gigi, termasuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi berdarah.
"Teh hitam yang diminum akan memerangi bakteri Streptococcus mutan dan Lactobacillus, keduanya berkaitan dengan gigi berlubang dan penyakit gusi," terang Dr Carrie Ruxton, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Pada dasarnya, ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan karbohidrat, maka akan timbul asam yang melelehkan enamel gigi. Sehingga gigi lebih rentan berlubang sampai tanggal.
Sementara proses tersebut bisa dicegah dengan rajin minum teh hitam atau teh hijau. Sebaiknya teh pun diminum tiga sampai empat cangkir sehari.
Teh sendiri mengandung antioksidan bernama flavonoid dan catechin yang merupakan agen anti mikroba. Beberapa riset juga pernah membuktikan kalau teh hijau mampu membantu penurunan berat badan dengan cara membakar lemak secara maksimal.
Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam British Nutrition Foundation's Nutrition Bulletin.
Sumber artikel :http://www.merdeka.com/sehat/cegah-gigi-berlubang-dengan-rajin-minum-teh-hitam.html