Filled Under:

Kreatif: Pintu Otomatis Tanpa Listrik, Auto Zero Door

Kreatif: Pintu Otomatis Tanpa Listrik, Auto Zero Door

Tidak salah jika Anda berpikiran bahwa pintu otomatis itu harus memiliki sensor canggih dan daya listrik yang tinggi, tapi hal ini berbeda dengan pintu otomatis yang telah diciptakan oleh Yuki Corp dari Jepang. Pintu yang disebut ‘Auto Door Zero’ ini memiliki kemampuan yang tak jauh beda dengan pintu otomatis yang terdapat di mall-mall besar.

Uniknya, pintu ini tak menggunakan listrik sama sekali, karena pintu yang mampu membuka dan menutup dengan sendirinya (otomatis) ini hanya dikontrol oleh berat tubuh . Pergerakan pintu otomatis ini berasal dari plat khusus yang diinjak di depan pintu dan hal ini akan mengaktifkan pintu untuk membuka, saat diinjak plat tersebut akan tenggelam kurang lebih 2 cm sebelum pintu benar-benar dibuka.

Tidak hanya itu, Yuki Corp juga bekerja sama dengan Brother Enterprise untuk menyertakan sebuah suara otomatis yang berteriak, “Irasshaimase!” Setiap kali Anda melangkah dipintu otomatis hemat energi ini.
Hal ini bisa dilakukan karena ada sekitar 0,3 watt listrik yang dihasilkan ketika Anda menginjak plat pintu tersebut. Wah,, boleh juga nih, konsepnya ‘Go Green’ banget..

Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara kerja pintu ini, Anda dapat melihatnya di video berikut ini: