Filled Under:

Ternak Unggas Tiba-tiba Mati Setelah Makan Dengan Lahap (tanpa sebab pasti)

Ternak Unggas Tiba-tiba Mati Setelah Makan Dengan Lahap (tanpa sebab pasti)

Masalah ini membuat saya menjadi bingung, soalnya ternak Entok saya yang tadinya sehat tanpa ada gejala sakit apapun tiba-tiba mati satuper-satu, bahkan ini banyak menyerang pada ternak unggas saya khususnya entok yang masih kecil yang berumur sekitar 2-4 minggu, bingung kesana-kemari akhirnya nemu juga solusinya.

Ciri-ciri unggas (Entok) yang terserang:
1. Ternak tiba-tiba mati setelah makan dengan lahap karena memang tidak terkena penyakit.
2. tidak menderita gejala penyakit apapun.
3. ternak ada yang sebagian kedinginan.
4. feses normal.

Kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya:
1. Pakan
jika masalah ini ditimbulkan oleh pakan yang diberikan, coba periksa bagaimana komposisi ransum pakan yang anda diberikan, apakah menggandung zat anti nutrisi seperti tanin, mimosin dll atau tidak, jika diperkirakan ada coba ganti komposisi ransum yang diberikan, kemungkinan pakan yang diberikan juga terkena kontaminasi oleh adanya zat berbahaya saat penyimpanan juga dapat menyebabkan kematian pada ternak.

2. Iklim/ cuaca
Cuaca juga sangat berpengaruh besar pada keadaan ternak, dengan adanya pergantian cuaca dari musim hujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya dapat menyebabkan keadaan metabolisme ternak terganggu, hal ini dapat diatasi dengan pemberian pakan yang bernutrisi baik seta penambahan vitamin-vitamin secukupnya, serta keadaan kandang juga perlu diperhatikan kemungkinan ternak terkena kembung oleh adanya suhu dingin juga sering terjadi, untuk itu usahakan kandang selalu kering dan pada saat malam kandang ditutup dengan plastik untuk mencegah masuknya udara dingin.

3. Suara Bising
Untuk ternak ras (broiler) adanya suara yang tiba-tiba muncul dapat menyebabkan kematian yang mendadak, karena menurut beberapa teman saya ternak ini memiliki jantung lemah. untuk mengatasinya pun cukup mudah dimana ternak dari fase starter/ mulai kecil diberi perlakuan seperti memutarkan musik ataupun radio 24 jam non stop. hal ini sudah saya praktekkan dan terbukti dapat mencegah kematian ternak akibat suara bising yang tiba-tiba.

4. Pelaksanaan vaksin yang salah
Kemungkinan ini dapat terjadi bila saja pelaksanaan vaksin dengan menggunakan jarum suntik dan melalui pakan tidak dilakukan dengan baik, dimana jarum suntik yang digunakan tidak steril dan pemasukan jarum vaksin terlalu dalam dan dosis yang diberikan tidak sesuai dengan aturan yang tertera. untuk lebih lanjutnya tentang vaksin dapat dibaca Disini

5. Managemen
Sebenarnya ilmu ini saya dapat dari guru saya yang telah sukses dibidang peternakan, beliau pernah bilang kalau ternak itu juga mahluk ciptaan tuhan yang juga memiliki perasaan sehingga perlakukanlah mereka dengan baik dan benar dan jangan sampai menyakitinya, selain itu jangan sampai kita mendholimi para pekerja kita dengan memberikan gaji yang sedikit/kurang padahal keuntungan yang diperoleh perusahaan kita besar.

6. Kemungkinan Terakhir
Ini nih yang paling penting, sudahkah hasil usaha yang telah kita peroleh telah dikeluarkan zakatnya? kalau belum tunggu apa lagi.

Secara garis besar ini yang dapat saya sampaikan, adanya kemungkinan-kemungkinan lain juga dapat terjadi, semoga ini dapat menambah wawasan anda. trimakasih...jangan lupa komentanya....ok