Filled Under:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karna Pilek Pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karna Pilek Pada Bayi
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karna Pilek Pada BayiAda beberapa tips tradisional / alami untuk membuat si kecil nyaman saat terserang flu dan hidung tersumbat, diantaranya:
  1. Ketika hidung si kecil tersumbat karena pilek, usahakan si kecil tidur pada posisi miring. Langkah ini efektif jika yang hidung yang tersumbat sebelah ( bukan dua – duanya ), jadi jika lubang hidung kiri yang tersumbat maka miring ke kanan dan begitu sebaliknya.
  2. Berikan penyangga pada bagian punggung pundah dan kepala bayi sehingga posisi kepala lebih tinggi.
  3. Berikan pijatan ringan pada punggung dan dada bayi, jika mungkin lakukan hal tesebut sambil mengoleskan balsem khusus bayi (gunakan merk yang sudah biasa anda gunakan dan nyaman untuk bayi anda).
  4. Hentikan penggunaan AC jika diperlukan, atau atur suhu AC pada suhu tinggi (+ 23-26 derajat) pada saat tidur. Dan jika menggunakan kipas angin kurangi tingkat putarannya serta arahkan pada kipas atau plafon rumah.
  5. Memberikan uap air panas yang telah ditetesi minyak telon akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat. Ada cara yang hampir sama, adalah menciptakan udara yang lembab dikamar dengan menaruh air panas dalam ember pada pojok ruangan yang telah ditetesi minyak telon dan biarkan si kecil menghirup udara lembab yang telah bercampur dengan minyak telon.
  6. Memandikan dengan air hangat dan menjemurnya dipanas matahari pagi, hindari kontak langsung dengan sinar matahari dan hadapkan bayi membelakangi matahari untuk menghindari rangsangan pada hidung dan mata bayi agar tidak bersin.
  7. Memberikan pijatan ringan pada daerah T (atas hidung dan alis), dengan menggunakan minyak telon (ada sebagian orang yang menambah dengan bumbu rempah pala), juga akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat.
  8. Bersihkan hidung si kecil yang beringus dengan menggunakan penyedot lendir hidung (nasal aspirator) khusus untuk bayi. Pastikan sebelumnya bersihkan ujungnya dengan tisu yang dibasahi alcohol 70%. Jangan terlalu dalam dan lakukan dengan lembut agar tidak mengiritasi dinding dan membran hidung si kecil atau kalaupun tidak memiliki alat tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menggunakan mulut.
Tips lainnya adalah dengan menekan hidung dengan lembut, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Lap sambil tekan (memencet) lembut hidung bayi yang berlendir (keduanya) menggunakan sapu tangan atau tisu bersih. Tekanan ini membantu mengeluarkan lendir di hidung.
  • Untuk membersihkan bekas lendir yang mengering di sekitar lubang hidung bayi, gunakancotton bud basah (gunakan air hangat, hindari penggunaan cairan zat kimia). Jangan memasukkan cotton bud terlalu dalam.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan obat tetes NaCl (natrium clorida) atau larutan garam, prosesnya:
  1. Larutkan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) untuk melembabkan saluran pernapasan bayi. Teteskan paling tidak 3 kali sehari. Lendir yang lebih encer akan lebih mudah dikeluarkan lewat bersin, ingus di hidung, batuk, atau masuk ke dalam pencernaan bayi.
  2. Jika tidak ada larutan NaCl, bisa diganti dengan seperempat sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam setengah gelas air hangat. Air garam (NaCl) dapat mencairkan ingus, melancarkan sumbatan dalam hidung, serta memulihkan kembali kelembaban alami selaput bagian dalam.
  3. Masukkan larutan tadi ke dalam botol semprotan hidung. Teteskan dua kali pada kedua lubang hidung bayi.
  4. Karena bayi belum bisa diminta menghembuskan hidung, gunakan sedotan khusus untuk mengeluarkan cairan yang menyumbat.
Anda telah membaca artikel dengan judul Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karna Pilek Pada Bayi, semoga artikel ini bisa membantu ibu-ibu semua yang lagi kebingungan karena bayi tercinta terkena flu.