Filled Under:

Kenapa Saat Haid Perut Sakit ??



Kenapa Saat Haid Perut Sakit, Banyak wanita yang merasakan sakit perut saat menstruasi atau yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan dismenorhae. Kondisi ini bisa berlangsung dari sebelum menstruasi hingga menstruasi berakhir. Meskipun setiap wanita dapat merasakan sakit perut saat menstruasi ini, namun kadar nyerinya seringkali berbeda-beda bagi setiap wanita.

Normal Terjadi

Kadar nyeri saat menstruasi biasanya digolongkan dalam tiga derajat, mulai dari derajat satu yang paling ringan, hingga derajat tiga yang paling berat. Nyeri yang paling ringan adalah ketika seorang wanita masih dapat beraktivitas seperti biasanya meskipun nyeri terasa. Nyeri paling ringan dapat segera hilang dengan beristirahat.
Sedangkan nyeri yang paling berat adalah ketika seorang wanita yang sedang menstruasi merasakan kesakitan yang sangat hingga tak dapat beraktivitas. Nyeri yang paling berat dapat terjadi hingga seseorang merasa sampai mau pingsan.
Sakit perut saat menstruasi merupakan hal yang normal terjadi. Nyeri seperti ini umumnya akan timbul sejak menstruasi pertama kali diperoleh di usia remaja dan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia dapat berkurang. Berkurangnya rasa nyeri ini terkait dengan kestabilan hormon di dalam tubuh. Namun dapat pula terjadi karena perubahan posisi rahim setelah melahirkan.
Kondisi digolongkan normal apabila sakit perut saat menstruasi ini tidak terlalu mengganggu aktivitas Anda. Darah yang keluar pun jumlahnya masih normal, serta berhenti dalam jangka waktu 5-7 hari, maka masih dapat dikatakan normal dan wajar terjadi.

Sakit Perut Saat Menstruasi yang Perlu Diwaspadai

Ada kalanya Anda harus waspada terhadap sakit perut saat menstruasi yang berlebihan. Beberapa tanda yang harus diwaspadai adalah saat  nyeri tersebut bertambah hebat sehingga Anda kesakitan luar biasa.
Pertanda lainnya adalah bila darah menstruasi yang keluar lebih banyak sehingga memerlukan lebih banyak pembalut. Masa menstruasi pun lebih dari 7 hari,  siklus menstruasi tidak teratur  dan seringkali muncul flek antara dua siklus menstruasi. Apabila terjadi tanda-tanda tersebut segeralah periksa ke dokter.
Sakit perut saat menstruasi yang berlebihan kadang kala merupakan pertanda datangnya suatu penyakit yang baru diketahui kemudian. Beberapa penyakit yang ditandai dengan sakit perut saat menstruasi antara lain kista dan endometriosis.
Jika endometriosis terjadi, saat menjelang menstruasi lapisan dinding rahim yang menebal akan terasa sakit luar biasa. Endometriosis juga dapat berpengaruh pada kesuburan seorang wanita.

Tips dan cara Mengatasi Sakit Perut Saat Menstruasi

  • Gunakan handuk atau botol yang berisi air hangat untuk mengompres perut Anda. Gunakan beberapa botol atau handuk hangat di beberapa bagian perut. Air hangat membantu perut Anda merasa nyaman.
  • Minum teh hangat atau mandi air hangat juga dapat meringankan sakit perut saat menstruasi.
  • Gunakan waktu untuk tidur dan beristirahat dengan cukup.
  • Pilih aromaterapi yang menenangkan untuk mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman.
  • Minum obat penawar rasa sakit atau analgetik yang dapat Anda peroleh di apotek. Anda dapat menanyakan terlebih dahulu pada dokter mengenai obat ini.
Apabila sakit perut saat menstruasi berlangsung terus menerus dan Anda mengalami tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat segera dicari penyebabnya. Memeriksakan diri ke dokter juga merupakan satu upaya mengobati lebih dini apabila terjadi suatu penyakit.

Anda telah membaca artikel dengan judul Kenapa Saat Haid Perut Sakit.