Filled Under:

Cara Membuat Telur Asin Dengan Direndam Air Garam

Cara Membuat Telur Asin Dengan Direndam - Telur yang sudah di asinkan ini sangat cocok bagi anak kecil di masa pertumbuhan karena banyak mengandung vitamin, protein, omega 3 dan kalsium untuk pertumbuhan otak dan tulang. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya walaupun rasanya bisa membuat anda ketagihan, karena dapat membuat kolesterol dalam darah naik terutama bagi anda yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Telur asin juga merupakan salah satu peluang usaha yang menggiurkan, lihat saja hampir semua warung makan atau restoran menyediakan telur asin ataupun masakan olahan dari terlur asin ini. Telor asin sangat cocok dan nikmat di jadikan teman makan dengan sayur apa saja, biasanya di buat dengan bahan baku dari telur bebek tetapi sebenarnya semua jenis telur bisa di buat menjadi telur asin misal telur ayam, telur puyuh. Membuat telur asin dengan air garam adalah cara tradisional paling mudah dilakukan dan dipraktekkan, karena tidak membutuhkan terlalu banyak bahan dan persiapan. Untuk pemula atau Anda yang ingin memulai berwiraswasta dan ingin belajar membuat telur asin sendiri di rumah, cara membuat telur asin dengan air garam mungkin teknik yang paling cocok.

Hanya bermodal beberapa telur, air dan garam anda sudah bisa membuatnya, berikut ini Pawarta hadirkan langkah-langkah dan bahan yang dibutuhkan untuk mengasinkan telur.



Bahan:
  • Telur bebek kualitas baik 25-30 butir
  • Air matang sebanyak 1.700 cc
  • Garam 1 kg
  • Ember + penutup
Langkah pembuatan: Bersihkan kulit telur dari kotoran dengan cara mencucinya dengan air hangat dan sikat hingga benar-benar bersih, kemudian keringkan dengan kain lap agar cepat kering. Membuat air garam untuk merendam, campur air matang dengan garam pada ember aduk hingga garam larut sempurna. Kemudian rendam telur bebek kedalam air garam kemudian tindih dengan saringan yang di beri pemberat supaya telur tetap tenggelam/terendam, tutup ember dengan rapat dan simpan di tempat sejuk.

Simpan telur bebek dalam rendaman air garam selama 7- 10 hari, kemudian angkat dan tiriskan. Semakin lama telur di rendam maka rasa telur akan semakin asin, rebus telur telur tersebut hingga benar-benar matang. Selain direbus bisa juga dengan cara di kukus atau di panggang dengan oven. Teknik pematangan telur yang berbeda akan menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda pula pada telus asin.

Tips membuat telur asin, gunakan air matang sebagai bahan rendaman karena air dan garam akan masuk ke dalam telur, agar telur tidak tercemar bakteri lebih baik gunakan air matang dan bersih. Air garam bekas rendaman bisa di gunakan lagi untuk merendam telur yang baru, tetepi perlu di tambah sedikit garam lagi, karena sebagian garam sudah terserap oleh telur asin sebelumya, tambahkan garam sekitar 5- 10%.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.(YS)

Sumber artikel : http://www.pawarta.com/2013/07/cara-membuat-telur-asin-dengan-air-garam.html