Filled Under:

Tips Cantik: Cara Agar Wajah Mulus Bebas Jerawat

Wajah mulus
Agar wajah mulus alami

Hmmmmm..., siapa sih yang tidak ingin punya wajah mulus bebas dari jerawat dan komedo?
Semua orang pasti ingin sekali donk baik pria maupun wanita… Terutama bagi wanita di mana pun mereka berada.


Memiliki wajah yang mulus dan tampak berseri memang impian semua orang, termasuk kalangan wanita. Berbagai cara akan di lakukan demi mendapatkan wajah impian. Dari perawatan tradisional sampai perawatan modern dengan harga yang mahal. Tentunya kita akan tampil lebih percaya diri. Namun sebagian orang beranggapan obat-obat mahal dapat membuat wajah menjadi mulus. Tidak selamanya itu benar.

Sebenarnya semua tergantung perawatan wajah dari kita sendiri. Kuncinya adalah bagaimana kita merawat dan menyayangi kulit wajah anda. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan wajah mulus berseri secara alami :

Tips Agar Wajah Mulus Ala Wanita korea
Bagi wanita Korea, merawat kulit adalah sebuah hal prioritas dalam menjaga kecantikannya, mereka bisa menghabiskan waktu yang lama untuk sekedar membersihkan wajah. Ada beberapa langkah disiplin yang juga ditempuh untuk mendapatkan kulit halus mulus. Apakah harus selalu mahal? Ah, tidak kok. Yang penting adalah disiplin dan telaten.

Nah, apa saja sih yang dilakukan wanita Korea untuk mendapatkan wajah mulus, berikut 8 rahasia kecantikan kulit mulus wanita Korea.
Rahasia 1: menjaga kelembaban kulit
Menjaga kelembaban kulit dan memberikan nutrisi yang tepat tak harus dari vitamin dan obat-obatan kimia. Sebagian besar wanita di sana selalu disiplin dalam mengonsumsi air putih, memasukkan menu sayuran dan buah-buahan dalam makanan keseharian untuk menjaga kulit dan tubuh agar tidak dehidrasi.
Selain itu, mereka juga mengompres wajah dengan air dingin selama beberapa menit setiap hari.

Rahasia 2: Cleansing, Toning dan Moisturising
Tiga langkah wajib ditempuh setiap harinya. Tiga langkah ini juga harus dilakukan dengan disiplin dan tak boleh ada kata malas atau tidak sempat.
Cleansing: Salah satu langkah yang dilakukan oleh Suzy Bae dalam membersihkan wajahnya adalah teknik 424. Seperti dikutip dari stylecraze, Suzy membersihkan wajah menggunakan minyak alami (seperti minyak kelapa, almond atau campuran cleansing oil lain) dan dilakukan selama 4 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan 2 menit foaming cleanser (pilih yang soap free), kemudian membasuh wajah selama 4 menit, yang pertama dengan air hangat, dan diakhiri dengan air dingin agar pori-pori tertutup.
Toning: Wanita Korea lebih memilih menggunakan toner dengan jemari tangan dan menepuk-nepuk seluruh bagian kulit agar toner terserap secara maksimal.
Moisturising: memakai moisturizer juga ada cara khususnya. Pertama, moisturizer dituang ke telapak tangan. Digosok-gosok sampai terasa hangat kemudian baru dipulas rata ke seluruh wajah sambil dimassage lembut.

Rahasia 3: Pakai Masker
Sering melihat adegan para wanita yang sedang memakai masker di film Korea? Demikianlah memang keseharian mereka. Mereka selalu memberi waktu WAJIB untuk mengenakan masker baik masker instant ataupun yang mereka buat sendiri dari campuran putih telur dan madu. Selain itu, mereka juga menggunakan masker alami tradisional yang diwariskan turun menurun, disebut sebagai masker baekgangjam. MAsker tersebut terbuat dari kepompong, dan khasiatnya dapat memutihkan kulit secara alami.

Rahasia 4: Perawatan leher
Leher juga perlu dirawat, tak hanya kulit wajah saja. Karena apabila yang dirawat hanya kulit wajah maka hasilnya seringkali akan belang dan berbeda warna. Perawatan kulit wajah, diaplikasikan sama pada kulit leher.

Rahasia 5: Cukup tidur
Memiliki kulit yang cantik rahasia simplenya adalah cukup tidur. Setidaknya dalam sehari Anda harus tidur 6-8 jam sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya.

Rahasia 6: Memilih produk kecantikan
Belakangan ini kosmetik asal Korea cukup populer di Indonesia. Ada beragam kosmetik dengan beragam manfaat yang ditawarkan. Kira-kira mereka mengenakan yang mana ya? Ternyata, dalam kesehariannya, wanita Korea bisa memakai 10-20 produk kecantikan untuk merawat dan memaksimalkan kecantikan kulitnya. Hmmm... bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk sekedar merawat kulit ya.
Namun berhati-hati saja, karena banyak pula produk abal-abal yang memanfaatkan embel-embel nama Korea untuk sekedar meraup keuntungan yang banyak dan menyalahgunakan bahan-bahan berbahaya yang ada di dalamnya.

Rahasia 7: Stretching Wajah
Senam wajah umum dipraktekkan oleh para artis Korea. Dengan mengucapkan "ma me mi mo mu" selama kurang lebih 10 menit, akan membantu melatih dan meregangkan otot-otot di pipi serta bibir. Saat otot-otot wajah rileks, maka peredaran darah akan mengalir lebih lancar.

Rahasia 8: Makeup simple
Para wanita Korea lebih memilih makeup simple dengan warna yang tak terlalu mencolok dan banyak. Umumnya mereka mengenakan makeup minimalis yang memperbaiki tampilan mata dengan menggunakan eyeliner dan maskara, menggunakan gel untuk alis, sedikit pemerah pipi dan lipstik atau lip gloss di bibir.
Ternyata tidak sulit juga kan memiliki wajah kulit mulus seperti orang Korea. Nah, benar tuh, kedisiplinan dan kesabaran sangat menentukan berhasil tidaknya, jadi, tetap semangat dan rajin merawat kulit ya, Ladies.

Tips Umum Agar wajah mulus alami:
Banyak konsumsi bawang putih rutin tiap hari
Khasiat bawang putih banyak sekali, diantaranya dapat menghancurkan bakteri merugikan di pori-pori kulit. Selain itu, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, temasuk kulit. Sehingga timbulnya jerawat dan komedo pun dapat dicegah. Kalau mau menghilangkan caranya mudah
Pertama: tumbuk dua bawang putih hingga halus, lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas.

Cukup sinar matahari setiap hari
Sinar matahari yang cukup bisa membantu sel-sel kulit aktif secara sempurna. Biarkan kulit terkena sinar matahari pagi paling tidak 15 menit setiap harinya.

Olahraga dan tidur yang cukup
Jangan biarkan stres berkepanjangan karena itu juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada timbulnya jerawat dan komedo. Olahraga dan tidur yang cukup akan membantu tubuh menstabilkan kembali hormon-hormon Anda.

Rajin cuci muka dengan air hangat
Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun khusus wajah Anda bisa membersihkan kulit secara maksimal. Setelah bersih, basuh kembali wajah Anda dengan air biasa, agar pori-pori kembali menutup.

Banyak minum air putih
Dengan banyak meminum air putih setiap hari. Racun-racun yang mengendap di dalam tubuh akan keluar bersama kotoran dan keringat, sehingga jerawat dan komedo pun tak muncul lagi.

Masker Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar Lemon
Karena jeruk nipis mengandung citric acid, jadi sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati penyebab jerawat dan komedo. Caranya : campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin dan konsisten selama 15 hari dan lihat hasilnya.

Masker Putih Telur
Caranya yaitu, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah lho..Jadi wajah makin mulus dech.

Oleskan Pasta Gigi
Ingat, gunakanlah pasta gigi yang berbentuk pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat dan komedo sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.

Makan Buah Tomat
Tomat juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.

Lidah Buaya
Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, lalu kupas kulit luarnya. Oleskan ke kulit yang berjerawat. Lakukan setiap pagi dan sore. Jika anda cukup telaten, jerawat mungkin akan mengering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu,lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan komedo yang membandel.


Sumber artikel : 
http://www.gayabunda.com/kecantikan/10-tips-wajah-mulus-bebas-dari-jerawat-dan-komedo.html
http://www.unikgaul.com/2012/03/tips-agar-wajah-mulus-berseri-secara.html
http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/20257-8-rahasia-kulit-mulus-orang-korea.html