Filled Under:

Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Jambu Biji

Jambu biji
Jambu biji untuk penyakit demam berdarah - Di saat demam berdarah mewabah, mendadak jambu biji. Buah yang juga disebut jambu klutuk ini dipercaya bisa menaikkan trombosit. Bagaimana faktanya?
Di kalangan medis informasi ini masih kontroversial karena belum ada hasil penelitiannya. Namun, berhubung kepercayaan di kalangan masyarakat begitu besar bahwa jus jambu klutuk berkhasiat membantu pemulihan demam berdarah (lagi pula tidak sedikit yang terselamatkan oleh buah ini), para dokter pun tidak keberatan bila pasiennya selama minum obat dokter, juga minum jus yang lezat ini.
Buah ini kaya betakaroten dan vitamin C. Bayangkan, menjelang masak, kandungan vitamin C-nya enam kali jeruk yang selama ini dikenal kaya vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan.
Gara-gara info yang berkembang, banyak pasien demam berdarah berusaha sebanyak mungkin minum jus jambu klutuk agar trombositnya naik. Ada positifnya sih! Dengan banyak minum jus ini berarti banyak pula jumlah cairan yang masuk ke tubuh. Pada kondisi penderita mengalami kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit, mereka perlu minum banyak cairan agar segera pulih.
Jadi sebenarnya, bukan cuma jus jambu klutuk yang baik untuk penderita demam berdarah, jus buah apa pun asalkan tidak asam akan sangat membantu penyembuhan.
Dalam 100 g jambu klutuk mengandung energi 49 kal, protein 0,9 g, lemak 0,3 g, kalsium 14 mg, fosfor 28 mg, zat besi 1,1 mg, Vitamin A 25 SI, Vit B1 0,02 mg, Vit C 87 mg, dan air 86 g.

Sumber artikel : http://www.tribunnews.com/2013/02/06/jambu-biji-obat-ampuh-dbd-ini-faktanya