Filled Under:

Efek Negatif Radiasi Laptop dan Hp Bagi Kesehatan

Efek Negatif Radiasi Laptop Bagi Kesehatan
Efek Negatif Radiasi Laptop
Efek Negatif Radiasi Laptop Bagi Kesehatan - Waktu terus berputar, kemajuan teknologi terus berkembang pesat. Dan teknologi membawa dampak yang sangat besar, teknologi telah mempengaruhi di segala bidang kehidupan manusia. Selain membawa manfaat bagi manusia, ternyata teknologi pun berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Handphone (HP) dan laptop misalnya.

Beberapa ahli telah melakukan penelitian dan ternyata handphone yang biasa kita pakai menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa hasil penelitiaan yang dilakukan oleh para ahli yang dikutip dari berbagai sumber-sumber terkait.
Radiasi elektromagnetik yang lemah dari ponsel bisa mempengaruhi aktivitas sel-sel di otak. Ilmuwan dari National Institutes of Health AS menemukan bahwa menghabiskan waktu 50 menit dengan telepon seluler yang menempel di telinga sudah cukup untuk mengubah aktivitas sel di bagian otak yang paling dekat dengan antena ponsel. Apa yang kami temukan adalah metabolisme glukosa (tanda aktivitas otak) akan meningkat di daerah otak yang paling dekat dengan antena telepon seluler, ujar Dr Nora Volkow dari NIH, seperti dikutip dari Reuters, Kamis. Peneliti menemukan adanya peningkatan metabolisme glukosa sekitar 7 persen pada daerah otak yang paling dekat dengan antena ponsel saat telepon sedang digunakan. Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association.


Dr. Eka Putra Setiawan, Sp.T.H.T dari bagian Divisi Otologi RS Sanglah mengatakan telepon gengam diciptakan untuk memudahkan manusia berkomunikasi. Namun, kata lelaki kelahiran 15 Juni 1961 ini, banyak efek samping dari penggunaan handphone yang salah. Hal ini berkaitan dengan volume suara dan jarak dengar. Semakin HP ditempelkan ke telinga, maka semakin melekat mengenai liang telinga. Efeknya semakin besar yang menyebabkan terjadi peningkatan bunyi atau resonansi, ujar spesialis T.H.T. tamatan UGM Yogyakarta ini. Selain itu, perlu diwaspadai efek samping gelombang elektromagnetik yang dipancarkan HP. Radiasi telepon gengam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Ia menyebutkan radiasi HP memancarkan 215 kali perdetik masuk ke sel-sel otak mengenai DNA dalam sel. Tiap HP memancarkan 900 Mhz -1800 Mhz. Untungnya, kata Dokter Eka ini, manusia memiliki sawar darah otak yang melindungi paparan radiasi ini.

Dan berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi radiasi hp tersebut yang diolah dari beberapa sumber;
  1. Gunakan headset atau headphone nirkabel (wireless) dengan emitor bluetooth berdaya rendah. Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.
  2. Jangan simpan HP di kantong baju atau celana. Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil atau di genggam.
  3. Manfaatkan layanan pesan singkat atau SMS. Radiasi SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala Anda. Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat telepon.
  4. Jangan simpan ponsel di bawah bantal. Meski sedang tidak digunakan, ponsel dalam posisi stand by masih memancarkan radiasi agar selalu terhubung dengan jaringannya. Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur akan mendekatkannya dengan kepala sehingga otak akan terpapar radiasi sepanjang malam.
  5. Gunakan casing antiradiasi. Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.
Itulah beberapa tips untuk mengurangi radiasi dari handphone yang diolah dari beberapa sumber.
Selain handphone, ternyata radiasi ditemukan di hampir semua barang elektronik lainnya, yang membedakannya adalah tingkat atau kadar radiasi tersebut. Dan barang elektronik itu salah satunya ialah laptop/notebook.
Laptop merupakan perangkat elektronik yang mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik. Saat ini laptop banyak dilengkapi dengan Wi-fi (wireless fidelity) yang lebih dikenal sebagai jaringan lokal nirkabel. Dengan Wi-fi orang bisa masuk ke jaringan internet tanpa harus repot menyambungkan kabel dari komputer ke line telepon. Akan tetapi sadarkah anda bahwa wi-fi selain bermanfaat, ternyata juga berdampak negatif bagi kesehatan kita. Berikut ini efek yang ditimbulkan oleh radiasi yang dikutip dari berbagai sumber, dan efek dari radiasi tersebut yaitu;
  1. Efek menggunakan laptop di atas paha; kelainan kulit akibat panas / penyakit kulit akibat radiasi (sesuai penelitian yang ditulis Andreas W Arnold dkk di jurnal resmi American Academy of Pediatrics.). Menggunakan laptop di atas paha dapat melemahkan sperma pria dan dapat menyebabkan kanker. Diperkirakan bahaya utama dari efek radiasi laptop adalah “radiasi thermal,” juga dikenal sebagai panas, sebab apa pun yang memiliki kehangatan, seperti tubuh manusia, akan memancarkan radiasi thermal, menurut University of New Mexico. Radiasi thermal tidak seperti jenis radiasi berbahaya yang berhubungan dengan bahan nuklir, namun ketika ditempatkan dekat pada alat kelamin, panas dari laptop dapat menyebabkan infertilitas pada pria dan wanita, namun sperma lebih rentan terhadap kerusakan akibat panas dari ovarium, menurut Babycenter. Dan gejala yang sering dikaitkan dengan akibat dari radiasi thermal dari laptop yaitu; Mual, pusing, sakit kepala, kelelahan mata, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, insomnia, memori penyimpangan, merasa sesak nafas, kecemasan dan depresi.
  2. Menurut Profesor Olle Johansson dari Karolinska Institute in Swedia, yang diwawancarai Panorama, Jika melihat literatur, Anda bisa temukan sejumlah efek radiasi, seperti kerusakan kromosom, berdampak pada kapasitas konsentrasi dan menurunnya memori jangka pendek, serta meningkatnya kejadian berbagai tipe kanker.
Dan berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi radiasi tersebut yang diolah dari beberapa sumber;
  1. Jangan meletakan laptop di atas paha atau di pangkuan.
  2. Cobalah membiasakan untuk menempatkan laptop pada permukaan meja.
  3. Jika anda hamil, jangan pula menempatkan laptop di dekat perut anda.
  4. Jangan duduk terlalu dekat ke layar laptop.
  5. Jangan terlalu cerah saat setting kecerahan tampilan laptop anda.
Itulah tadi sekilas tentang dampak yang ditimbulkan oleh radiasi handphone maupun laptop. Bijaklah dalam menggunakan sesuatu, pergunakan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kita semua. Semoga bermanfaat,. See you next time, bye
http://antazone.blogdetik.com/2013/04/16/bahaya-radiasi-hp-laptop/