Filled Under:

Inilah Manfaat Manfaat Dari Berkeringat


Manfaat Berkeringat
Manfaat Keringat Bagi Kesehatan – Keringat merupakan air alamidalam tubuh yang memiliki banyak fungsi. Walaupun banyak yang tidak suka dengan bau keringat, namun banyak manfaat yang didapatkan dengan berkeringat. Sebenarnya keringat kita tidak berbau, yang menyebabkan bau tersebut adalah bakteri yang menempel pada kulit kita. Setiap harinya, anda akan mengeluarkan keringat sekitar 10% dari total air yang anda keluarkan dari dalam tubuh. Berkeringat tidak selalu identik dengan melakukan aktivitas, Anda juga bisa berkeringat tanpa beraktivitas (misalnya keringat dingin). Namun jika anda berkeringat dengan melakukan aktivitas, ini akan berdampak sangat baik bagi kesehatan anda.
Berikut adalah beberapa Manfaat Keringat bagi Kesehatan:

1. Membersihkan Kulit

Anda mungkin tidak menyukai bau keringat, namun pada kenyataannya fungsi keringat adalah untuk menjaga agar kulit anda selalu bersih. Dengan berbagai aktivitas yang anda lakukan setiap hari, melewati jalanan berdebu, asap kendaraan, make up yang tebal, dsb, akan membuat kulit kita menjadi sarang penyakit. Dengan berkeringat, semua debu dan kotoran yang menempel di kulit kita akan hilang secara alami. Dengan berkeringat, kulit juga akan terlihat lebih sehat dan muda.

2. Menstabilkan suhu tubuh

Jika tubuh tidak pernah berkeringat, maka lambat laun akan terjadi penumpukan panas dalam tubuh akibat metabolisme yang terus-menerus. Berkeringat merupakan sinyal alami tubuh ketika mengalami overheating (kelebihan panas). Jika anda melakukan olahraga, metabolisme sangat intens, dan saat itu juga tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan banyak keringat agar suhu tubuh tetap stabil. Ini adalah manfaat keringat yang sangat vital bagi manusia. Karena jumlah keringat sangat dipengaruhi oleh air yang masuk ke dalam tubuh, maka itu sangat disarankan agar anda meminum air putih yang cukup setiap hari.

3. Meredakan demam

Manfaat keringat selanjutnya adalah untuk meredakan demam. Demam sebenarnya mekanisme tubuh untuk melawan datangnya penyakit. Jika anda merasakan demam, anda bisa melakukan aktivitas yang memacu keluarnya keringat. Ini merupakan salah satu cara untuk mengembalikan suhu tubuh. Keringat berfungsi untuk membantu kulit anda tetap aktif, terutama saat musim dingin. Jika anda tidak terlalu suka melakukan aktivitas berat seperti fitness, Anda tidak akan banyak berkeringat. Anda sebaiknya mengubah kebiasaan ini karena berkeringat itu sehat. Manfaat keringat juga bisa anda rasakan dengan melakukan sauna atau spa.

4. Membuang racun dalam tubuh

Anda mungkin sering mendengar istilah detoksifikasi. Keringat merupakan salah satu media untuk membuang racun di dalam tubuh. Racun yang dibuang di dalam tubuh merupakan racun yang berada jauh di bawah jaringan kulit. Semua zat ini akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit bersama keringat. Detoksifikasi racun akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga tubuh bisa lebih tahan terhadap penyakit.

5. Mengurangi stress

Manfaat keringat yang mungkin tidak anda sadari adalah mengurangi stress. Ketika tubuh melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat, hormon endorfin dan senyawa kimia lain dalam tubuh akan dilepaskan. Ini akan mempengaruhi mood anda serta mengurangi stress.
Melihat dari begitu banyaknya manfaat keringat, anda sebaiknya tidak menghindari berkeringat, justru kalau bisa anda harus berkeringat setiap hari (dengan berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya)
http://iansyahfitry.blogspot.com/2012/12/manfaat-keringat-bagi-kesehatan.html