Filled Under:

Bahaya Negatif Obat Anti Depresi Untuk Kesehatan


Bahaya Negatif Obat Anti Depresi Untuk Kesehatan manusiaWanita yang sudah lanjut usia sebaiknya berhati-hati jika ingin mengonsumsi obat anti-depresan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa obat anti-depresan bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular pada wanita lanjut usia.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati data dari beberapa ratus wanita yang telah mengalami menopause selama delapan tahun. Wanita yang mengonsumsi obat anti-depresi diketahui memiliki BMI yang lebih tinggi, memiliki lingkar pinggan yang lebih besar, serta tanda-tanda peradangan yang lebih banyak dibanding wanita yang tak mengonsumsi obat anti-depresan.
Semua gejala tersebut berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes, seperti dilansir oleh US News (21/06). Hasil ini dilaporkan peneliti pada American Journal of Public Health yang terbit pada 13 Juni lalu.
"Sangat penting untuk mengawasi wanita yang mengalami depresi setelah menopause dan mengonsumsi obat antidepresan. Mereka harus waspada untuk mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular," ungkap ketua peneliti Dr Yunsheng Ma dari University of Massachusetts Medical School.
Meski penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi obat anti-depresan berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes, namun penelitian ini tak menunjukkan adanya kaitan sebab akibat.
sumber: http://www.merdeka.com/sehat/obat-anti-depresi-tingkatkan-risiko-diabetes-pada-wanita.html