Filled Under:

Bayi Muntah Penyebab dan Cara Mengatasi

Terkadang bayi memuntahkan minuman atau makanan yang baru saja dimakannya. Sistem dalam tubuh bayi tidak sama persis dengan orang dewasa, sehingga bayi beberapa kali muntah. Jangan buru-buru khawatir jika bayi Anda muntah.

Untuk itu Anda perlu tahu apa saja penyebab bayi muntah. Nah, berikut ini alasan bayi memuntahkan makanan atau minumannya seperti dikutip dari Boldsky, Senin (24/6/2013):

1. Terlalu Banyak Makan

Alasan paling umum bayi muntah adalah karena terlalu banyak makan atau minum. Terkadang orang tua terlalu takut anaknya kelaparan sehingga memberi bayi terlalu banyak makan atau minum.

Karena itu janganlah memaksa bayi Anda untuk selalu menyusu setiap kali dia menangis atau menyusuinya terlalu lama. Jika perut bayi terlalu penuh, maka dia akan muntah. 

2. Dahak 

Saat saluran makan di tubuh bayi sesak lantaran ada dahak. Hal itu bisa menyebabkannya muntah. Kadang kala bayi terbatuk saat sedang makan atau minum yang mana hal ini juga bisa menjadi pemicu muntah.

Jika flu dan batuk pada bayi tak kunjung hilang meski sudah Anda beri pengobatan rumahan, maka ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter.

3. Naiknya Asam Lambung

Jika bayi Anda selalu muntah setiap kali selesai menyusu, bisa jadi karena naiknya asam lambung. Bayi Anda mungkin memiliki masalah pencernaan yang tidak memungkinkannya untuk mencerna susu. Jika hal ini terjadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari pilihan makanan alternatif. 

4. Infeksi 

Jika bayi Anda muntah disertai hilangnya nafsu makan, bisa jadi itu karena infeksi di perut. Kadang-kadang, infeksi lambung dapat mempengaruhi lapisan dalam lambung dan usus sehingga menyebabkan bayi muntah. 

5. Muntahan Bayi Berubah Warna

Jika bayi masih minum ASI namun muntahannya berwarna hijau, bisa jadi hal itu karena ada kelainan pada saluran pencernaannya. Warna hijau tua pada muntahan bayi merupakan cairan dari empedu yang naik dari perut. Segeralah ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diingingkan.
sumber : http://health.detik.com/read/2013/06/24/085251/2281827/1300/bayi-anda-muntah-mungkin-ini-sebabnya?l992206755