Filled Under:

Cara Membuat Lulur Alami Sendiri

Cara Membuat Lulur Alami Sendiri
membuat lulur alami sendiri
Cara Membuat Lulur Alami Sendiri, Luluran adalah metode kecantikan untuk merawat tubuh kita. Dengan luluran, maka sel sel kulit mati akan terangkat, sehingga kulit akan terlihat mulus dan sehat. Banyak sekali produk lulur di pasaran. Namun tentu akan lebih baik bila kita menggunakan lulur yang terbuat dari bahan alami. Dan nggak ada salahnya, membuat ramuan tersebut sendiri.

Dan untuk melakukan luluran pun, sebenarnya bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke salon secara rutin. Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur pun, kita bisa membuat lulur sendiri. Lebih hemat biaya dan akan lebih memuaskan karena merupakan karya sendiri. 


a. Cara membuat lulur alami sendiri dari bahan beras:

Bahan-bahan: 

»2 genggam beras (bisa juga menggunakan tepung beras, namun akan lebih baik jika membuat sendiri dengan cara menumbuk atau memblender beras yang sudah direndam semalaman. 
»1-2 sdm susu cair atau susu bubuk 
»1 sdm madu 
»Alpukat/wortel/strawberry yang dihaluskan 
»Minyak zaitun atau baby oil 
»Air mineral secukupnya 

Cara membuat: 

Campur semua bahan jadi satu dan aduk-aduk, usahakan tidak terlalu encer ataupun kental. Masukkan dalam kulkas dan siap untuk digunakan. 


b. Cara Membuat Lulur alami sendiri dari Susu:
Resep lulur susu yang satu ini cukup praktis sebab secara umum Anda hanya mencampurkan semua bahan menjadi satu dan kemudian siap untuk digunakan. Cara membuat lulur susu ini bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Pertama, siapkan bahan berupa lulur siap pakai. Bisa lulur bubuk, lulur instan serupa pasta atau lulur kocok yang lebih cair. Pilih merk yang biasa Anda gunakan. Jika Anda memilih lulur bubuk, pastikan Anda melarutkannya dengan sedikit air agar membentuk pasta. Setelah itu taruh di wadah. Ambil 1 buah jeruk nipis atau lemon (boleh lebih sesuai keinginan). Kemudian peras airnya dan campurkan dengan lulur yang telah ada di wadah. Aduk hingga benar-benar tercampur sempurna. Pastikan campuran tersebut tidak terlalu cair. Setelah itu, masukkan dua sendok atau lebih susu bubuk, bisa susu sapi atau kambing/domba. Kembali aduk hingga membentuk campuran pasta kental. 
Selanjutnya, Anda sudah bisa menggunakan pasta tersebut sebagai lulur. Caranya cukup mudah, oleskan adonan lulur secara merata ke permukaan kulit tubuh. Fokus ke wilayah yang tersembunyi dan juga lipatan tubuh yang sering tak tersentuh. Setelah merata, diamkan lulur beberapa waktu sampai setengah mengering. Selanjutnya, gosok lulur yang menempel di kulit Anda secara perlahan. Sambil menggosok, Anda bisa membarenginya dengan pijatan lembut agar aliran darah dalam tubuh lebih lancar. Setelah dirasa cukup, basuh tubuh dengan air hingga bersih sempurna. Mudah bukan?

Beberapa Tips Sebelum Menggunakan Lulur Susu

Sebelum mengaplikasikan lulur susu pada kulit Anda, pastikan tidak ada luka terbuka pada kulit. Jika ada, sebaiknya Anda tunda kegiatan luluran Anda sampai kondisi kulit membaik. Hal lain yang wajib Anda ketahui mengenail lulur susu ini adalah persoalan takaran. Jangan membuat lulur melebihi apa yang Anda butuhkan sebab lulur susu sebaiknya tidak disimpan untuk menghindari lulur terkontaminasi mikroba seperti bakteri dan juga virus. Jadi buatlah lulur cukup untuk sekali pemakaian. Mencermati cara membuat lulur susuyang gampang, rasanya Anda tak perlu lagi mengabiskan uang untuk produk lulur susu bukan? Selamat mencoba ya.

Ternyata tidak sulit bukan?? Setelah selesai melakukan body scrubbing, oleskan body cream kesukaan anda agar kulit lembut dan mempercepat regenerasi sel kulit. Selamat mencoba....