Filled Under:

Ciri dan Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Ciri dan Gejala Demam Berdarah Pada Bayi , Pada artikel ini akan kita bahas mengenai ciri-ciri dan gejala atau tanda demam berdarah baik pada bayi atau balita dan anak kita. Pada dasarnya, demam berdarah tak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja. Namun, hati Anda tentu ikut sedih dan teriris membaca berita di koran tentang korban demam berdarah yang lebih banyak menelan jiwa pada anak.  Mari ketahui lebih jauh.


Ciri dan Gejala Demam Berdarah Pada Bayi
ciri demam berdarah pada bayi

Tanda-tanda terkena demam berdarah pada anak juga sama seperti pada orang dewasa. Yang membedakan, tanda pada anak juga bisa dipantau melalui perilaku dan kebiasaannya di keseharian.  Dr. Endah Citra Resmi, SpA menjelaskan bahwa ciri-ciri klinis anak yang terkena DB umumnya ditandai dengan demam tinggi mendadak, sakit kepala, rasa sakit di belakang mata, otot, sendiri, nafsu makan hilang, mual dan adanya ruam. Sayangnya, pada anak yang berkulit gelap, ruam ini biasanya tak nampak.

Lebih Besar, Lebih Berat
Dikutip dari Livestrong.com, rasa sakit punggung juga seringkali dirasakan pada anak yang lebih besar. Kemungkinan pendarahan pada gusi juga bisa jadi salah satu ciri terkena demam berdarah, meskipun hal tersebut tidak mutlak. Anak-anak juga akan lebih mudah terkena demam berdarah saat kondisi tubuhnya lemah. Hal menarik yang diungkapkan Dr. Endah, virulensi atau tingkat keganasan virus demam berdarah lebih banyak terjadi pada anak yang lebih besar ketimbang pada bayi. Biasanya, seorang anak akan mengalami kondisi lebih berat/lebih buruk  pada kejangkitan demam berdarah kedua.  Pada saat terjangkit DB pertama kali, seringkali orangtua tak menyadari. Jadi, anak hanya diberikan obat penurun panas dan biasanya panas akan turun tanpa diketahui bahwa anak tersebut telah terjangkit virus DB.

Pantau Perilaku
Untuk menyelamatkan jiwa dari ancaman maut demam berdarah, sebaiknya segera bawa anak Anda ke rumah sakit segera setelah terlihat tanda-tanda klinisnya. Ada dua cara paling sederhana yang bisa diterapkan orangtua untuk mengetahui  si kecil terkena demam berdarah, meski cara ini bukanlah cara yang ilmiah karena hanya berdasarkan pengamatan.
  1. Setelah diberi obat panas, anak biasanya akan turun panasnya, namun tidak terlihat aktif dan ceria. Si kecil akan tetap terlihat lesu meskipun demam telah reda.
  2. Anak akan jarang buang air kecil dari biasanya. Maka, perhatikan dengan cermat berapa kali dia buang air kecil dalam 1 hari. Jika dalam 6 jam si kecil tidak buang air kecil, maka Anda wajib waspada karena ia bisa terkena dehidrasi.
Untuk mengetahui lebih pasti kondisi kesehatan anak apakah terkena DB atau tidak. Periksakan darahnya ke laboratorium. Namun, menurut Dr. Endah, pada fase awal demam berdarah, yaitu 1-2 pertama, darah masih dalam kondisi normal. Sehingga seringkali didiagnosa sebagai radang tenggorokan biasa. Biasanya, hematocrit meningkat dan trombosit menurun baru terjadi di hari ke-3. Jika itu terjadi, maka anak Anda kemungkinan memang terjangkit demam berdarah. Tapi ingat, turunnya trombosit bukan satu-satunya tanda demam berdarah.  Anak yang sakit tampek atau flu juga mengalami penurunan trombosit. Nah, satu-satunya cara aman mengetahui lebih pasti adalah dengan membawanya ke rumah sakit sesegera mungkin.

Sedangkan ciri diri demam berdarah pada orang dewasa sebagai berikut:

Sebaiknya untuk segera memeriksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat, jika menemui ciri ciri penderita sbb.
1. Demam mendadak 2 – 7 hari dengan suhu 38 – 40 derajat Celsius serta diikuti 2 gejala lainya yang ada dibawah ini;
2. Sakit Kepala
3. Nyeri di belakang mata
4. Rasa nyeri pada otot tubuh
5. Tulang terasa nyeri
6. Bercak merah dikulit (ruam)
7. Sel darah putih (Leukosit) menurun/ rendah
8. Munculnya tanda pendarahan
9. Uji serologi Dengue dinyatakan positif
10. Ada tetangga yang sudah positif terjangkit DBD
Jika gejala demam berdarah nomor 1 dan diikuti oleh 2 ciri-ciri dibawahnya segeralah lakukan tindakan cepat untuk melakukan pencegahan dengan memeriksakan pada dokter atau rumah sakit terdekat.
Semoga artikel Ciri dan Gejala Demam Berdarah Pada Bayi ini bermanfaat bagi orang tua yang sedang kebingungan karena sang buah hati sedang sakit.