Filled Under:

Tentang Penyakit Sinusitis Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Tentang Penyakit Sinusitis Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit yang mungkin asing ditelinga kita.
Tentang Penyakit Sinusitis Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan
penyakit sinusitis
Apa itu Penyakit Sinusitis ?
Penyakit sinusitis berasal dari bahasa Latin yang memiliki akhiran -itis yang bisa diartikan sebagai peradangan, oleh karena itu sinusitis adalah peradangan pada hidung atau paranasal. Sebagai informasi untuk diketahui, pada daerah rongga hidung kita terdapat empat sinus yakni sinus maksilaris yang terletak di pipi, sinus etmoidalis yang terletak di kedua mata, sinus frontalis yang terletak di dahi dan sinus sfenoidalis yang berada di belakang dahi.
Penyakit sinusitis secara klinik bisa dikategorikan menjadi tiga jenis penyakit sinusitis berikut ini:
  1. Sinusitis akut
  2. Sinusitis subakut
  3. Sinusitis kronis
Sementara berdasarkan penyebab terjadinya penyakit sinusitis, penyakit ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori berikut:
  1. Rhinogenik yang terjadi di sekitar hidung dan disebabkan oleh penyumbatan pada hidung sehingga terjadi sinusitis.
  2. Dentogenik atau dikenal juga dengan odontogenik yang disebabkan oleh kelainan pada gigi, berakibat pada gigi geraham atas yang mengalami sinusitis infeksi.

Penyebab penyakit sinusitis. Penyakit sinusitis di sebabkan oleh banyak faktor. Faktor penyebab penyakit sinusitis antara lain adalah:

PENYEBAB PENYAKIT SINUSITIS

  1. Infeksi pada gigi geraham yang menjalar ke sinus
  2. Kelainan pada rongga hidung seperti pembengkakan lapisan hidung, polip, dan penyimpangan sectum
  3. Infeksi bakteri, virus dan jamur pada rongga sinus
  4. Penyakit flu yang tidak segera di obati akan dapat menyebabkan infeksi
  5. Infeksi yang menyerang di sekitar hidung dan tenggorokan dapat menjalar ke sinus
  6. Ingus yang tidak di keluarkan akan dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri, virus atau jamur yang dapat menyebabkan penyakit sinusitis
  7. Infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae 
  8. Radang selaput tengorokan, amandel, radang pada gigi geraham atas, trauma tekanan udara juga dapat menyebabkan penyakit sinusitis
  9. Makan makanan yang pedas dan panas juga dapat menyebabkan sinusitis

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT SINUSITIS

Berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit sinusitis yang umum terlihat pada setiap pasien sinusitis. Tanda dan gejala sinusitis tersebut antara lain adalah:
  • Sakit kepala yang terasa setiap bangun pagi
  • Hidung tersumbat, meler dan susah bernafas
  • Demam, letih, lesu dan tidak enak badan
  • Pada malam hari sering terbatuk-batuk karena kesulitan bernafas
  • Pembengkakan di beberapa tempat sekitar lokasi sinus seperti di  mata, di pipi ataupun dihidung
  • ingus atau cairan lendir hidung yang berwarna kuning kehijauan
Sedangkan tanda dan gejala khusus sinusitis tergantung pada daerah sinus terkena infeksi, gejalanya antara lain:
  • Tanda dan gejala sinusitis frontalis biasanya di sertai sakit kepala di bagian dahi
  • Tanda dan gejala sinusitis etmoidalis antara lain adalah rasa nyeri di belakang dan diantara mata, sakit kepala di dahi, nyeri di tepi hidung jika di tekan, hidung tersumbat dan berkurangnya daya penciuman
  • Tanda dan gejala sinusitis sfenoidalis adalah sakit kepala di bagian depan atau di bagian belakang kepala dan rasa nyerinya berpindah-pindah, sakit telinga yang disertai dengan nyeri di leher
  • Tanda dan gejala sinusitis maksilaris adalah rasa nyeri di pipi posisiya tepat di bawah mata, sakit kepala bagian depan dan belakang serta sakit gigi
  • Cara Mengobati Sinusitis

    • Untuk mengobati penyakit sinusitis yang disebabkan oleh virus tidak dibutuhkan obat antibiotika. Namun, bisa diberikan parasetamol dan dekongestan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri.
    • Untuk sinusitis akibat infeksi bakteri yang ditandai dengan nyeri pada wajah, ingus bernanah dan gejala timbul selama lebih dari seminggu, dapat diobati dengan antibiotika.
    Lima jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis adalah sebagai berikut:
    • Streptococcus pneumoniae
    • Haemophilus influenzae
    • Staphylococcus aureus
    • Moraxella catarrhalis
    • Streptococcus pyogenes
    Oleh karena itu, antibiotika yang digunkana untuk penyakit sinusiti tersebut haruslah bisa menyingkirkan kelima jenis bakteri tersebut. Ketika telah diberikan antibiotika namun dalam lima hari tidak ada tanda-tanda sembuh maka penderita sinusitis bisa diberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Mukolitik dan dekongestan juga bisa membantu untuk kelancaran drainase cairan mukus. Tetapi, pada kasus penyakit sinusitis kronis diperlukan pembedahan untuk melakukan drainase cairan mukus.
    Ya, penyakit sinusitis jika dibiarkan akan bisa menyebabkan komplikasi serius. Yang paling parah adalah ketika terjadi penyeberan infeksi penyakit sinusitis ke otak yang bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, dengan pengobatan dini terhadap sinusitis sangat diperlukan. Dengan pengobatan dini, penyembuhan penyakit sinusitis akan lebih mudah. Jadi, sangat dianjurkan apabila kita segera datang kepada dokter jika sudah ada tanda-tanda penyakit sinusitis.