Filled Under:

Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda

Penyebab Kulit Keriput di Usia MudaSeseorang mengalami proses kulit menjadi keriput atau semakin tua merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Dan daerah yang paling mudah dilihat karena gejala penuaan itu adalah bagian sekitar mata, dahi, dan pipi.
Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda


Penyebab-penyebab Kulit Keriput di Usia Muda:
Selain usia, keriput juga disebabkan oleh beberapa faktor lain, berikut di antaranya.
1. Hormon
Tak banyak yang tahu, keriput dapat disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Hormon estrogen dalam tubuh saling berpengaruh terhadap produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Jika kadar estrogen terganggu, kulit pun akan terkena dampaknya.
2. Senyum
Tersenyum dapat membuat wajah lebih berseri, tapi juga mampu menimbulkan kerutan di wajah. Terlebih pada bagian pipi, karena adanya tekanan antara otot bibir dan tulang pipi.
3. Cemberut
Hampir sama dengan tersenyum, ekspresi wajah cemberut juga akan membuat keriput di wajah semakin jelas terlihat. Terlalu sering mengernyitkan dahi akan membuat lipatan keriput di bagian dahi atau tulang pipi menjadi merosot.
4. Minum dari sedotan
Saat menyeruput minuman dari sedotan, kulit pipi tersedot ke dalam dan bibir pun mengkerut. Jika terlalu lama akan meninggalkan jejak berupa kerutan di pipi dan sekitar bibir.
5. Matahari dan tanning
Keriput juga muncul akibat terkena panas matahari atau menggunakan metode pewarnaan kulit seperti tanning bed. Sinar UVA dan UVB yang menembus kulit akan berpengaruh pada pembentukan kolagen dan elastisitas kulit.
6. Pola makan tidak sehat
Tidak hanya perut yang perlu asupan makanan, kulit pun perlu diberi makan. Mencukupi asupan vitamin, mineral, dan protein dapat menghambat pembentukan kerutan pada wajah. Selain itu, kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Perbanyak konsumsi air putih agar kulit selalu sehat berseri.
7. Asap rokok dan polusi udara
Asap rokok dan nikotin dapat menjadi racun bagi tubuh yang juga berdampak negatif terhadap kesehatan kulit. Saat asap rokok diserap kulit, kulit akan mengerut, kering, dan kusam. Kondisi serupa juga terjadi saat kulit diterpa polusi udara.
8. Genetik
Tak sedikit wanita yang mengeluhkan keriput di kulit pada usia yang masih cukup muda. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik yang menurun dalam keluarga.


Kebiasaan Buruk Penyebab Kulit Keriput:

Masalah kulit juga tergantung bagaimana carakita memperlakukan kulit. Secara tidak sadar kita sering memperlakukan kulitdengan tidak baik, misalnya:

1. Scrub terlalu sering

Membersihkan wajah tidak harus menggunakanscrub setiap hari. Biasanya kita memilih srub dengan butiran kasar yang secarateknis dapat bekerja dengan lebih maksimal."Butiran kasarnya justru akan meninggalkan luka kecil pada lapisankulit yang tipis," ujar Dr. Lupo.

Beralihlah untuk mencari scrub yang lembut.Hal serupa juga diungkapkan Dr. David Bank, MD, dermatolog di Mt. Kisco, NewYork. Ia juga menyarankan, untuk kulit sensitif, soda kue dan air hangat akanlebih efektif sebagai exfoliator.

2. Mandi air hangat 

"Kebiasaan mandi dengan menggunakan airhangat akan menghilangkan lipid, lapisan yang menjaga kulit. Ini juga secaralangsung akan mengurangi kelembaban kulit kita, sehingga keriput lebih cepat terjadikarena kehilangan elastisitasnya," kata Dr. Lupo.

Belum lagi dengan kandungan klorin pada airyang menyebabkan kekeringan pada kulit.

Jika ingin membersihkan diri dengan airhangat, usahakan tidak lebih dari 10 menit. Anda mungkin tidak mendapatkan efekrelaksasi, tapi ini akan membuat kulit tetap lembab.

3. Melewatkan pemeriksaan mata

Kebiasaan menyipitkan mata, dan menyeritkanalis juga dapat menyebabkan penuaan. Biasanya ini terjadi pada mereka yangmengalami minus atau gangguan pengelihatan yang lain.

Gerakan otot yang dihasilkan secara berulangakan meninggalkan keriput halus. Dikutip dari health.com, American OptometricAssociation menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan mata setiap dua tahunsekali untuk mendapatkan penanganan prima mengenai masalah mata. Ini akanmengurangi kebiasaan Anda menyipitkan mata untuk melihat dengan lebih jelas.

4. Menata rambut setelah membersihkan wajah

Pada pagi hari, biasanya Anda akan menatarambut setelah mencuci muka. Tanpa disadari, cairan pada produk styling yangdigunakan dapat meresap ke dalam kulit kerena poripori yang masih terbuka.

"Semua produk penataan rambut, mengandungbahan kimia yang dapat memblokir pori-pori, ini yang menjadikan jerawatbermunculan,atau kulit kering yang menyebabkan keriput," kata Dr Lupo. (
Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda)