Filled Under:

Cara Membuat Masker Alami Untuk Wajah

Cara Membuat Masker Alami Untuk Wajah, Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat masker alami untuk wajah dari tomat, mentimun dan beras, untuk lebih lanjut simak tutorialnya dibawah ini:

1. Cara membuat Masker alami untuk wajah dari beras


Cara Membuat Masker Wajah Alami
Masker wajah alami


1. Beras dan Baking Soda
Jika Anda memiliki kulit berminyak maka Anda sangat cocok menggunakan masker ini. Gunakan resep masker wajah ini dua kali dalam seminggu agar memperoleh hasil yang maksimal. Haluskan beras, setelah itu tambahkan sedikit baking soda, dan beberapa tetes madu. Buatlah pasta dan oleskan pada wajah. Gosok-gosok pada wajah Anda dengan gerakan melingkar selama 1 - 2 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Soda merupakan zat alami yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan mengelupasnya.

2. Beras dan Madu
Madu kaya akan antioksidan yang bagus untuk kulit. Selain untuk melembapkan kulit, madu juga baik untuk mengelupas kulit mati. Madu bisa menghilangkan sel-sel kulit mati, menyegarkan kulit, dan mencerahkan wajah. Rendam beras selama beberapa saat dan haluskan. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu dan gunakan sebagai masker pada wajah. Ini sangat efektif untuk mengobati jerawat dan bekas tanning.


3. Beras dan Gula
Gula merupakan scrub yang efektif untuk melawan jerawat dan meremajakan kulit. Haluskan gula dan beras secara bersama-sama. Kemudian tambahkan yoghurt ke dalam adonan sebelumnya. Sapukan masker pada wajah dan leher. Ini dapat membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

4. Beras, Susu dan Cuka Sari Apel
Ini adalah masker wajah alami yang dapat dibuat hanya dalam waktu 2 menit. Masukkan tepung beras ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Buatlah pasta dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Lakukan pengelupasan selama 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air dingin untuk mendapatkan kulit bercahaya dan cerah.

5. Beras dan Tomat
Rendam beras dalam air selama 10-20 menit. Haluskan tomat dan padi yang sudah direndam. Kemudian oleskan masker itu pada kulit untuk menyingkirkan komedo. Tomat adalah produk kecantikan alami yang ampuh melawan jerawat dan komedo. Gosok pada bagian atas hidung Anda untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker beras ini dengan teratur. Akan tetapi cara membuat masker wajah alami ini memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Proses pengelupasan pada wajah dapat merusak kepekaan dan kelembutan kulit jika dilakukan secara rutin. Sambil menggosok, selalu gunakan ujung jari yang basah. Mulailah dengan gerakan melingkar dan kemudian sebaliknya. Setelah menggunakan masker wajah alami ini gunakan pelembab wajah agar wajah tidak kering.


2. Cara Membuat Masker alami untuk wajah dari buah tomat
Cara membuat ramuannya :

Masukkan tomat yang sudah dipotong ke blender dan blenderlah sampai setengah halus kemudian masukan sedikit air. Setelah selesai, saringlah hasil blender tadi dan buang ampasnya.

Campurkan ramuan tomat tadi dengan susu cair, aduk sampai rata kemudian masukan ke dalam kulkas dan biarkan samapi menjadi dingin.

Cara penggunaannya :

Ambil kapas atau kuas untuk maskeran dan celupkan kedalam campuran tomat dan susu kemudian oleskan dengan lebut ke seluruh wajah sampai leher.

Diamkan selama sekitar sepuluh menit, jika sudah mengering bilas dan bersihkan dengan air biasa. Ada baiknya Anda mengoleskan masker tersebut ke kulit tangan untuk mengetahui kesensitifan kulit Anda.

Lakukan masker tomat dan susu selama dua kali sehari, ramuan masker tomat dan susu ini bisa bertahan sampai sebulan, setelah itu buat lagi maskernya. Simpan artikel Cara Membuat Masker Tomat Untuk Memutihkan Wajah ini untuk jaga-jaga agar tidak lupa


3. Cara Membuat Masker alami untuk wajah dari mentimun


Masker Mentimun dan Yogurt 
Kombinasi antara mentimun dan yogurt mampu membuat efek relax pada wajah dan juga menghilangkan sel kulit mati yang menempel. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit. Jika dilakukan secara rutin, masker mentimun dan yogurt dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah, memperkecil pori-pori, serta menghilangkan noda kusam di wajah. 
Cara membuatnya :
  1. Pilih mentimun besar kemudian kupas dan hilangkan bijinya. Biji dan kulit mentimun sebenarnya tidak berbahaya bagi kulut, tetapi jika tidak dihilangkan akan mempersulit percampuran antara yogurt dan buah mentimun. Setelah dikupas, iris mentimun menjadi beberapa bagian.
  2. Pilih yogurt tanpa gula dan tawar (tanpa rasa). Sebisa mungkin untuk memilih yogurt yang sama sekali belum diolah. Campurkan yogurt yang telah dipilih tersebut ke dalam setengah gelas mentimun cincang yang sudah disiapkan.
  3. Haluskan dalam food processor atau blender hingga menyerupai saos tomat. Jika terlalu encer tambahkan potongan mentimun, dan jika terlalu kental tambahkan sedikit yogurt.
  4. Tambahkan satu sendok teh susu bubuk rendah lemak kemudian aduk hingga rata.
  5. Oleskan masker mentimun ke seluruh bagian wajah dan leher. Sebisa mungkin hindarkan pada daerah mata. Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Mentimun dan Wortel

Masker mentimun dan wortel dapat dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Masker ini umunya digunakan untuk memutihkan kulit, mengurangi munculnya keriput akibat penuaan, dan menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit.

Cara membuatnya :

  1. Tambahkan satu cangkir krim segar ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk sebentar hingga krim mengembang sebelum memasukkan bahan lainnya.
  2. Tambahkan 2-4 sendok makan jus wortel ke dalam krim kemudian aduk lagi hingga keduanya berbaur. Menggunakan lebih atau kurang tergantung pada ketebalan. Banyaknya jus wortel disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang diinginkan. Upayakan agar tidak terlalu encer.
  3. Hancurkan kurang lebih setengah gelas timun yang sudak dikupas dan dihilangkan bijinya. Setelah itu campurkan ke dalam larutan krim dan jus wortel yang sudah diaduk tadi. Timun tidak perlu dihaluskan hingga menjadi bubur. Cukup dicincang saja hingga menjadi potongan yang tidak terlalu halus.
  4. Tambahkan satu buah kuning telur jika sedang mempersiapkan masker untuk kulit kering atau putih telur dari satu buah telur yang sudah kocok jika menyiapkan masker untuk kulit berminyak. Kocok secara menyeluruh hingga telur menyatu dengan krim.
  5. Untuk menggunakannya, oleskan masker ke kulit wajah dengan menggunakan tangan. Diamkan sekitar 15 sampai 20 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat dan kain lap.
Semoga tutorial cara membuat masker alami diatas membantu anda sekalian yang sedang ingin merawat kulit wajah dengan menggunakan masker alami kreasi sendiri.