Filled Under:

Cara Menghilangkan Varises di Kaki dan Tangan

varises pada wanita

Cara Menyembuhkan dan Menghilangkan Varises Pada Kaki dan Tangan, Anda memiliki varises pada kaki dan tangan? mencari cara menghilangkan varises dengan cara alami dan mudah? Cara menghilangkan varises selain dengan menyuntikan pada bagian yang terdapat varises melalui dokter tentunya anda dapat mencobamenghilangkan varises dengan melakukan beberapa cara mudah dan tergolong sederhana dalam menghilangkan varises ini.

Memiliki tangan atau kaki varises tentunya dapat mengganggu anda dalam berpenampilan, bagaimana tidak dengan adanya pembuluh darah yang menonjol pada daerah tersebut menjadikan anda seperti (maaf) pekerja kasar. Hal tersebut tentunya menghambat anda dalam berpenampilan atau membuat anda merasa kurang percaya diri.

Varises atau varicose vein adalah suatu penyakit pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena yang menimbulkan rasa sakit.
Varises bukan penyakit menular dan paling sering muncul pada bagian kaki.
Varises akan menghambat peredaran darah yang menyebabkan tubuh akan mengalami rasa nyeri, kelelahan dan kekurangan energi.
Varises juga akan menjadi menimbulkan masalah bagi penampilan dan kecantikan seseorang, terutama jika timbul di daerah kulit yang terbuka.
Penyebabnya selain karena faktor genetika, juga dapat dipicu oleh:
  • Faktor usia
  • Kegemukan (obesitas)
  • Kehamilan
  • Obat hormonal (KB)
  • Menderita kolesterol tinggi
  • Kebiasaan merokok

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan varises dengan cara alami dan mudah:

Menjaga berat badan
Hal yang harus anda perhatikan untuk menghilangkan varises tentunya harus menghindari kemunculan varises itu sendiri dimana telah disebutkan tadi faktor yang dapat mempengaruhi munculnya varises adalah dengan berat badan yang berlebih. Karena dengan berat badan yang berlebih maka bagian kaki akan menopang lebih berat dari seharusnya, kerja dari kakipun akan bertambah besar hal ini dapat menyebabkan kurang lancarnya aliran darah dari kaki yang dipompa kearah jantung.

Hindari berdiri terlalu lama
Untuk menghilangkan ataupun mencegah munculnya varises ada baiknya anda menghindari berdiri bahkan duduk diam terlalu lama. Jika pada saat bekerja anda atau aktifitas sehari-hari anda lebih sering berdiri atau duduk diam ada baiknya anda berjalan sesaat untuk melancarkan aliran darah yang terdapat pada kaki anda untuk menghindari penggumpalan darah pada pembuluh darah ini.

Gunakan kaos kaki
Untuk menghindari atau menghilangkan varises pada bagian bawah kaki anda dapat menggunakan kaos kaki yang elastis, penggunaan kaos kaki yang elastis diharapkan dapat menekan secara perlahan bagian yang memiliki varises tersebut dan mencegahnya pembuluh darah menonjol.

Hindari pakaian ketat
Untuk menghilangkan varises atau mencegah varises anda baiknya meninggalkan pakaian ketat yang anda miliki, dengan pakaian ketat dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat sehingga menjadi kurang lancarnya aliran darah yang akan di pompakan ke jantung.

Olahraga
Lakukan olahraga secara teratur, ketika melakukan olahraga sebaiknya anda cukup melakukan olahraga yang tergolong ringan saja seperti jogging, lari atau bersepeda. Hindari olahraga berat yang dapat menyebabkan kontraksi pada otot anda. Manfaat dari olahraga ini akan memperlancar aliran darah pada seluruh tubuh sehingga terhindari penumpukan darah pada pembuluh darah.

Vitamin C
Konsumsi vitamin C secara cukup yang didapat dari makanan dan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi untuk memperkuat pembuluh darah.

Waktu istirahat
Setelah beraktifitas seharian ada baiknya anda meletakan kaki pada posisi yang lebih tinggi dari jantung. Anda dapat meletakan bantal pada kaki anda dengan posisi tidur atau anda dapat menempelkan kaki anda ke tembok dengan posisi badan direbahkan dikasur, lakukan cara ini selama 30 menit setiap malam menjelang tidur.


Karena varises ini menyakitkan dan dapat merusak penampilan seseorang, maka menjadi penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkannya dengan aman. Salah satu cara paling aman menghilangkan dan mengobati varises adalah dengan menggunakan ramuan obat herbal.

2 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Cara 1: Resep Bawang Putih (Allium sativum )
Bahan-Bahan :
  • Bawang putih 12 siung
  • Jeruk nipis 6 buah
  • Minyak zaitun 4 sdm
Caranya, bawang putih diiris tipis-tipis kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun. Diamkan selama satu malam kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk bahan pemijatan selama 15 menit dengan arah melingkar. Lakukan hal tersebut setiap malam hingga varises Anda berkurang atau hilang sama sekali.
Cara 2: Resep Herbal Jeruk Lemon
Bahan-Bahan :
  • Garam ½ sendok teh
  • Jeruk lemon 1 buah
  • Air putih 2 gelas
Cara meramunya adalah dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut lalu diaduk dengan menggunakan mixer. Setelah itu dinginkan dalam kulkas lalu dijadikan sebagai bahan kompres di bagian varises anda.

Demikianlah beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan varises, anda juga dapat mengurangi konsumsi gula yang dapat menyumbat pembuluh darah. Satu hal lagi yang harus anda perhatikan ialah jangan pernah memijat bagian yang memiliki varises, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah anda pecah ada baiknya anda memijat secara perlahan dengan gerakan menuju arah jantung. 

Anda telah membaca artikel dengan judul Cara Menghilangkan Varises di Kaki.