Filled Under:

Cara Mengobati Wasir Luar dan Dalam

Cara Mengobati Wasir Luar dan Dalam Ambeien Secara Alami
Mengobati wasir atau ambeien
Cara Mengobati Wasir Luar dan Dalam secara alami - Wasir atau ambeien adalah pembengkakan jaringan yang timbul di selaput lendir rektum atau daging yang keluar di sekitar dubur. Penyebabnya adalah sembelit. Sembelit juga disebabkan karena makanan yang dimakan sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada seratnya, sehingga feses (tinja) sangat sulit untuk menerobos keluar. Karena itu, banyak orang terpaksa harus mengedan saat buang air besar.
Gejala awal wasir biasanya sulit buang air besar. Terasa panas di dubur setelah buang air besar dan kadang mengeluarkan darah Perlahan-lahan lalu tumbuh benjolan lunak  yang semakin lama akan bertambah besar. Kalau buang air biasanya akan ikut keluar.
Ada 2 macam penyakit ambeien. Yang pertama yaitu jika pembengkakan terjadi pada dinding rectum, maka disebut ambeien internel (dalam). Jika pembengkakan terjadi pada dubur/anus bagia luar, maka disebut ambeien eksternal (luar). Penyakit ambeien ini sangat menyiksa penderitanya karena menimbulkan rasa perih yang amat sangat. Apalagi jika yang dialami adalah ambeien internal.

Lalu bagaimana cara mengobati ambeien? Memang ada beberapa cara untuk mengobati ambeien. Anda bisa menggunakan cara alami maupun cara non alami. Cara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang dapat mengobati ambeien. Sedangkan caro non alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat kimia. Namun sebelumnya, anda tentu harus memeriksakannya ke dokter terlebih dahulu.
Ciri-Ciri, Gejala, Cara Mengatasi, Mengobati dan Menyembuhkan Ambeien
Ambeien atau Wasir (Hemoroid)  adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penderita ambeien umumnya sulit untuk buang air besar maupun duduk, karena bibir anus atau sphinchter anus akan terasa sakit apabila mendapat tekanan. Pada penderita ambeien parah terkadang sulit diobati sehingga diperlukan tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang kurang baik.
Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar.Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.
Wasir dapat diakibatkan oleh:
-          Terlalu banyak duduk
-          Diare menahun
-          Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon
-          Keturunan penderita wasir
-          Penyakit yang membuat mengejan.
-          Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun
-          Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

 Ciri-ciri dan gejala Penyakit Ambeien:
-          mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus.
-          merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya.
-          anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.
Cara mencegah dan mengatasi Ambeien (Wasir) :
-          Menjalankan pola hidup sehat
-          Olah raga secara teratur
-          Makan makanan berserat
-          Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet
-          Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll
-          Minum air yang cukup
-          Jangan menahan kencing dan berak
-          Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan
-          Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan
-          Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa
-          Duduk berendam pada air yang hangat
-          Minum obat sesuai anjuran dokter
Berikut adalah Cara Mengobati Ambeien (Wasir) Secara Alami:

1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi. 
Sayur dan buah merupakan makanan berserat tinggi. Kandungan serat pada bahan makanan tersebut dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi dalam tubuh sehingga pembengkakan akan berkurang sedikit demi sedikit. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur setiap harinya, ambeien anda akan hilang secara bertahap.

2. Hindari makan yang pedas
Mengkonsumsi makanan pedas contohnya cabai dapat memperparah penyakit ambeien anda. Karena makanan pedas cenderung membuat aliran darah menjadi panas sehingga akan memperparah pembengkakan pada saluran pencernaan anda.

3. Minum Susu Secara Teratur. 
Selain berguna untuk kesehatan tubuh dan pelengkap nutrisi dalam tubuh kita, ternyata susu juga dapat menyembuhkan penyakit ambeien. Maka dari itu, dianjurkan bagi anda penderita penyakit ini untuk meminum susu secara teratur.

4. Menggunakan Buah Tomat
Buah tomat dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati ambeien. Caranya yaitu dengan mencuci bersih buah tomat kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian kemudian dihaluskan dan dicampur dengan minyak kelapa secukupnya. Kemudian oleskan pada saluran pencernaan anda(daerah pembengkakan) kemudian diamkan kurang lebih 15 menit.

5. Mengkonsumsi Pisang klutuk
Sebelumnya saya telah mengulas bahwa buah-buahan dapat mengurangi rasa perih akibat ambeien. Pisang klutuk adalah salah satu contoh buah yang cukup manjur untuk mengobati ambeien.