Filled Under:

Cara Melancarkan Asi


Cara Melancarkan Asi, Tips-tips melancarkan asi secara alami sangat berguna sekali untuk Bunda yang sedang Menyusui si buah hati. ASI atau yang biasa disebut oleh kebanyakan orang yaitu Air Susu Ibu. Seperti yang kita ketahui bahwa ASI itu sangat kaya akan manfaat dan khasiatnya untuk Sang Buah Hati terutama yang baru lahir, dan ASI itu mempunyai banyak kandungan di dalamnya, sehingga Sang Buah Hati kita akan mendapatkan asupan yang cukup dibandingkan jika Sang Buah Hati meminum susu formula lainnya yang buatan pabrik – pabrik karena ASI mempunyai banyak kandungan nutrisi yang tidak di miliki oleh susu formulalainnya. Pada saat Sang Buah Hati baru lahir maka mulai pada saat itu dia sangat butuh asupan asi sampai dengan dia berumur 6 bulan.
Cara Melancarkan Asi
Menyusui adalah sebuah kegiatan alamiah yang harus di lakukan Bunda ketika Sang Buah Hatinya baru lahir.  Tetapi tidak semua Bunda bisa menyusui anaknya dengan lancar, adapun Bunda yang tidak dapat menyusuinya langsung karena Payudaranya tidak berfungsi secara optimal. Biasanya menjelang waktu kehamilan secara otomatis dan alami tubuh Bunda akan mempersiapkan diri untuk menyusui.
Berikut Tips melancarkan asi secara alami :
  1. Selalu Penuhi Kebutuhan Nutrisi
Hal ini sangat penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang untuk sang buah hati kita. Agar ASI yang keluar lancar dan tetap Ekslusif.
  1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui, Memompa, dan Memeras ASI
Hal ini agar Produksi ASI menjadi banyak. Ada hal yang harus Bunda ketahui, jika Bunda semakin jarang menyusui sang buah hati, maka produksi ASI akan berkurang. Untuk menanggulangi hal tersebut maka di sarankan untuk memompa payudara asi agar produksi asi tetap banyak dan dituangkan asi hasil pompaannya ke dalam botol asi baru.
  1. Menjaga kondisi Psikologis dan Psikis dengan baik.
Gangguan ini sangat berpengaruh sekali terhadap sang buah hati kita. Contoh gangguan tersebut misalnya, stress akibat sesuatu hal. Gengguan ini akan membuat produksi asi berkurang. Karena yang ada di dalam kondisi Bunda itu sedang tidak tenang, senang dan rileks. Semakin terganggung kondisi psikologis dan psikis Bunda semakin sedikit pula Sang Buah Hati Bunda menerima ASInya.
  1. Merawat Payudara
Seperti kita ketahui bahwa ASI itu terdapat pada payudara. Ada beberapa Bunda yang jarang untuk menyusui karena takut bahwa keindahan payudaranya berkurang.  Ada beberapa tips untuk menjaga payudara yaitu selalu memijat-mijat payudaranya, membersihkan payudaranya dengan menggunakan air yang hangat dan air dingin secara bergantian.
Berikut adalah makanan-makanan yang disarankan oleh pakar gizi agar ASI Anda lancar dan berlimpah?

1. Daun katuk. Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Sudah menjadi tradisi yang turun temurun, bahwa ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASInya akan berlimpah dan kental.

2. Almond. Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi Anda yangs edang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak, tetapi melakukan keajaiban untuk ASI Anda.

3. Pare atau paria. Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

4. Kacang hijau. Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

5. Pepaya. Buah murah meriah ini mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek / lelah, serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Bunga pepaya juga baik untuk menambah nafsu makan ibu.

6. Bayam. Bayam sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi, terutama bayi yang baru lahir. Kandungan vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin dalam bayam sangatlah baik.
Itulah beberapa Tips Melancarkan ASI secara alami. Selamat mencoba semoga Bunda berhasil untuk memberikan ASI secara Eksklusif sejak umur 0 – 6 Bulan kepada Sang Buah Hati Bunda tercinta. Happy BreastFeeding^^.