Cara Membuat Lontong Plastik


Cara Membuat Lontong Plastik
Cara Membuat Lontong Plastik, Lontong adalah makanan populer sebagai pengganti nasi khususnya untuk masakan tertentu misalnya, sate, soto, gado-gado, lontong sayur, dsb. Lontong secara tradisional menggunakan ketupat janur atau daun pisang sebagai kulit pembungkusnya. Bagi anda yang ingin membuat lontong secara praktis tanpa kulit ketupat atau kulit daun pisang, anda bisa mencoba membuat lontong kulit plastik. Berikut resep membuat lontong dengan kulit plastik.
Bahan-bahan Membuat Lontong Kulit Plastik
  • Beras
  • Plastik kemasan standar ½ kg
  • Air
Cara dan langkah Membuat Lontong Kulit Plastik
  1. Cuci beras dengan air lalu rendam kurang lebih 3 jam. Tiriskan beras, hingga betul betul tidak ada air lagi.
  2. Masukkan beras ke dalam kantong plastik 1/3 volume plastik. Tutup ujung atasnya, bisa diikat atau dilipat lalu distaples.
  3. Lubangi masing-masing plastik beras dengan tusuk gigi kira-kira 10 lubang secara merata.
  4. Panaskan air dalam panci terlebih dahulu (tidak perlu sampai mendidih) lalu masukkan plastik beras ke dalam panci. Plastik beras harus terendam sepenuhnya. Jika kurang air, tambah.
  5. Rebus plastic beras di atas kompor dengan api sedang kurang lebih 2 jam. Sesekali lihat ketinggian air dalam panci untuk memastikan plastik beras selalu terendam. Jika ketinggian air kurang segera ditambah air.
  6. Masak hingga beras yang ada dalam plastik terlihat matang dan padat
  7. Jika lontong sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.
  9. Jika sudah dingin, lontong dapat segera dipotong-potong dan dihidangkan dalam berbagai hidangan.
Tips yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Lontong Kulit Plastik
  • Jika menginginkan lontong sedikit berasa, beri garam halus sedikit saja pada beras setelah beras direndam (saat masih basah) lalu aduk rata dengan tangan. Lalu tiriskan.
  • Lebih bagus jika air rebusan diberi sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan lontong.
  • Gunakan plastik kemasan standar (yang biasa dipakai toko untuk mengemas gula, terigu, dsb) ukuran ½ kg, atau ¼ kg, atau lebih kecil lagi. Plastik yang terlalu besar akan menyulitkan meletakkannya di dalam panci (ingat, plastik beras harus terendam seluruhnya). Jangan menggunakan plastik yang terlalu tebal.
Demikian Cara Membuat Lontong Plastik, selamat mencoba dirumah.