Filled Under:

Khasiat Kamboja Untuk kesehatan Tubuh Anda

Khasiat dan Manfaat Kamboja Untuk kesehatan Tubuh Anda, Kamboja...? siapa yang tak kenal tanaman ini. Namnya identik dengan suasana redup yang dia ciptakan di atas pekuburan. Ya, kamboja memang identik dengan tanaman di kuburan, meski kini pun sudah mulai dikembangkan sebagai tanaman hias. Namun masih jarang orang yang tahu, jika tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat.
Khasiat Kamboja Untuk kesehatan Tubuh Anda
Tentang tumbuhan
Asal tumbuhan ini dari Amerika tropik dan Afrika, termasuk tanaman hias. Varietas tanaman kamboja terdiri dari beberapa jenis, antara lain kamboja putih dan kamboja merah/kamboja jepang. Berkayu tinggi, mencapai 6 meter, percabangan banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah.

Kandungan kimia
Bunga kamboja mempunyai rasa manis, bersifat sejuk, dan berbau harum. Bahan kimia yang terkandung dalam getah kamboja diantaranya dammar, kautcuk, senyawa karet, senyawa triterpenoid, amyrin, dan lupeol. Kulit batangnya mengandung plumierid, yaitu zat pahit beracun, sebagai laxant. Batang dan daunya mengandung fulvoplumierin serta minyak menguap yang terdiri dari geraniol, sitronellol, farmnesol, dan fenil alcohol.

Efek farmakologis
Efek farmakologis yang dimiliki oleh kamboja diantaranya penurun panas (antipiretik), peluruh kencing (antidiuretik), dan obat batuk (antitusif). kulit kayunya digunakan sebagai laxant (pelancar buang air besar). Getah, daun, kulit batang, akar, serta seluruh bagian tumbuhan untuk mencegah pingsan akibat udara panas, disentri basiler, gangguan pencernaan (dispepsia), gangguan penyerapan makanan pada anak, kurang gizi (malnutrisi), radang hati. dan banyak lagi.

Contoh penggunaan
Bunga kering, getah, daun, kulit batang dan akar, serta seluruh bagian tumbuhan kamboja dapat digunakan untuk mengobati beberpa penyakit:
a. kencing nanah
Bahan: 1 potong akar kamboja
cara membuat: direbus dengan segelas air sampai mendidih
cara menggunakan: diminum satu kali sehari 1 cangkir

b. memulihkan bengkak
Bahan: 2 sirap kulit kamboja
cara membuat: ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih
cara menggunakan: digunakan untuk mandi dan menggosok yang luka.

c. Bisul
Bahan: daun kamboja dan minyak kelapa
cara membuat: daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa
cara menggunakan: ditempelkan pada bagaian yang bisul.

d. Tumor
Bahan: kulit kayu kamboja
cara membuat: giling halus kulit kayu kamboja, lalu tambahkan air secukupnya sampai seperti bubur, kemudian tempelkan pada bagaian badan yang ada benjolanya.

Nah, kini kita tahu, kamboja bukan sekedar tanaman penghias kuburan. tak ada salahnya bila kita mencoba memanfaatkanya untuk pengobatan.