Filled Under:

Hal yang Perlu Dijauhi/dihindari Saat Hamil

Hal yang Perlu Dijauhi/dihindari Saat Hamil, Ketika hamil, banyak hal yang seharusnya dihindari oleh seorang ibu, demi kesehatan diri dan janin di dalam kandunganya. Sayangnya, beberapa hal tersebut seringkali justru dilakukan oleh ibu hamil, sehingga mengganggu kehamilanya. hal-hal apasajakah itu? berikut ini di antaranya:
Hal yang Perlu Dijauhi/dihindari Saat Hamil
1. Memakai sepatu hak tinggi
sebaiknya ibi hamil tidak memakai sepatu hak tinggi, terutama setelah kehamilan melewati usia 7 bulan. sepatu hak tinggi dapat menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh. harus diketahui beban hamil yang terjadi didalam perut, ditambah dengan penggunaan sepatu hak tinggi dapat meningkatkan resiko terjatuh. Terjatuh dapat meningkatkan trauma dalam kehamilan.

2. Mengkonsumsi gula buatan atau gula rendah kalori
penggunaan gula sintesis berupa saccarine tidak dianjurkan pada kehamilan, karena gula sintesis itu dapat menembus plasenta dan memasuki sirkulasi janin. Janin dapat beresiko menderita kanker kandung kemih akibat penimbunan gula sintesis tersebut di dalam kandung kemihnya.

3. Merokok atau perokok pasif
banyak wanita di Indonesia yang gemar merokok, padahal merokok diharamkan oleh syariat Islam. Merokok selama kehamilan atau hanya menghirup asapnya (perokok pasif) dapat menyebabkan hal buruk terhadap janin seperti keguguran, kematian janin dalam kandungan, janin cacat, pertumbuhan janin terhambat, dan masih banyak lagi. oleh karena itu jauhi rokok dan orang yang suka merokok.

4. Menggunakan obat anti nyamuk
penggunaan obat anti nyamuk, baik dalam bentuk semprot, bakar, listrik maupun oles, tak ada yang aman bagi kesehatan. obat anti nyamuk mengandung bahan kimia aktif yang termasuk golongan pestisida, yang prinsipnya amat berbahaya. Salah satunya bisa memicu kerusakan syaraf. Obat anti nyamuk semprot mengandung kerosene yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal janin. Obat anti nyamuk lotion mengandung bahan yang korosif dan dapat diserap kulit sehingga dapat menjadi racun dalam tubuh. Maka tak dianjurkan penggunaanya pada ibu hamil.

5. Menjadi donor darah
Selama kehamilan, ibu tak dianjurkan menjadi donor darah bagi kepentingan orang lain. Asal tahu saja, ibu hamil cenderung mengalami anemia sehingga perlu darah untu dirinya sendiri. Donor darah dapat dilakukan kembali setelah masa nifas terlampaui.

6. Naik pesawat terbang
Pada dasarnya wanita hamil tak dilarang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang selama kondisi fisiknya sehat dan tidak ada kelainan dengan kehamilanya. kelainan yang dimaksud misalnya riwayat kontraksi atau riwayat pendarahan. bila ada riwayat dikhawatirkan ada pendarahan saat naik pesawat.

7. Makan buah durian
Buah durian adalah salah satu buah yang sering diinginkan oleh ibu hamil yang sedang ngidam. Padahal makan buah durian selama hamil tidak dianjurkan karena dapat merangsang timbulnya kontraksi. Jadi kalau ibu hamil ngidam buah durian, lebih baik mencium baunya saja.