Filled Under:

Teknik Pembibitan Tanaman Manggis

Teknik Pembibitan Tanaman Manggis, pada bahasan artikel kali ini saya akan berbagi artikel mengenai cara dan teknik pembibitan tanaman buah manggis yang baik, berikut ini penjelasanya.
Teknik Pembibitan Tanaman Manggis:
Tanaman manggis dapat diperbanyak dengan menggunakan biji atau bibit hasil dari penyambungan pucuk tanaman manggis dan susuan. Tanaman Manggis yang ditanam dari biji biasanya berbunga pada umur 10 hingga 15 tahun sedangkan yang Tanaman manggis yang ditanam dari bibit hasil sambungan dapat berbunga lebih cepat pada umur 5-7 tahun.

Budidaya Tanaman Manggis

Persyaratan Benih Tanaman Manggis

Memperoleh batang bawah melalui biji buah manggis

  • Biji buah manggis yang akan dijadikan benih harus diambil dari buah yang sudah tua di mana buah manggis tersebut berisi 5 hingga 6 segmen daging buah dengan 1 hingga 2 segmen yang berbiji, tidak ada kerusakan fisik / mulus, dengan berat minimal satu gram dan memiliki daya kecambah setidaknya 75%. Buah manggis yang diambil bijinya berasal dari tanaman yang berumur di atas 10 tahun.
  • Untuk membuat bibit tanaman manggis dengan cara sambungan digunakan batang bawah dan pucuk (entres) yang sehat. Batang bawah tanaman manggis diperoleh dari biji yang berumur lebih dari dua tahun dengan diameter batang tanaman manggis sekitar 0.5 cm dan kulitnya berwarna hijau kecoklatan.


Penyiapan Benih Tanaman Manggis

Memperoleh batang bawah melalui biji buah manggis : Untuk menghilangkan daging pada buah manggis , kita dapat merendam buah manggis ke dalam air bersih selama kurang lebih 1 Minggu (dalam proses perendaman sebaiknya dua hari sekali air diganti) sehingga lendir dan jamur yang terdapat dalam buah manggis ikut terbuang. Biji dari buah manggis akan mengelupas dengan sendirinya setelah terlepas biji dicuci sampai bersih. Lalu celupkan biji hasil perendaman ke dalam larutan fungisida Benlate dengan jumlah konsentrasi berkisar 3 gr per Liter selama kurang lebih 2 hingga 5 menit. Angkat dan keringkan biji buah manggis sambil di angin-anginkan di tempat teduh selama beberapa hari hingga  kadar airnya berkisar 12 hingga14%.
Untuk memperoleh Pucuk untuk sambungan berupa pucuk (satu buku) pada tanaman manggis yang masih berdaun muda berasal dari tanaman induk yang unggul dan sehat. Sebelum dilakukan penyambungan kurang lebih Dua Minggu sebelum penyambungan bagian bidang sayatan batang bawah dan pucuk diolesi zat pengatur tumbuh Adenin/Kinetin dengan konsentrasi 500 ppm untuk lebih memacu pertumbuhan tanaman manggis.
Semoga artikel budidaya ini bisa membantu anda sekalian yang berkeinginan untuk membudidayakan buah manggis baik sebagai hobi ataupun sebagai usaha.