Filled Under:

Bahan Alami Untuk Mengatasi Luka Terkena Minyak Panas

Pengobatan Dini Terkena Minyak PanasAktivitas di dapur membuat Anda mudah terkena luka bakar ringan dan kecil seperti terkena percikan minyak, tanpa sengaja menyentuh panci atau wajan panas, terkena air mendidih dan banyak kemungkinan lainnya. Hal ini memang tidak sampai membuat Anda harus dikirim ke ICU, tapi jika dibiarkan luka-luka kecil ini akan membekas dan tentu saja mengganggu penampilan Anda.
Pengobatan Dini Terkena Minyak Panas
Obat untuk luka bakar berupa salep atau bubuk sudah banyak ada di pasaran, sebaiknya Anda menyimpan satu di tempat aman dan mudah dijangkau di dapur Anda. Untuk mencegah luka bakar ringan agar tidak menjadi parah dan membekas di kulit Anda, prinsipnya hanya satu. Kulit terkena suhu tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan di jaringan-jaringan kulit. Oleh karena itu, jika kulit Anda terkena panas segera dinginkan dengan memberi salep luka bakar yang khusus untuk mendinginkan kulit. Ingat, harus dilakukan dengan segera. Kebanyakan kejadian selalu direspon dengan kekalutan karena rasa panas yang mendera, namun Anda harus segera tanggap mengatasinya.

Belum menyediakan obat luka bakar di rumah? Tidak masalah. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa mendinginkan kulit dengan guyuran air dingin, body lotion dan lidah buaya. Ya, lidah buaya! Belah batangan lidah buaya dan oleskan ke luka Anda. Lidah buaya diyakini dapat mengatasi berbagai luka bakar, jadi jangan ragu-ragu untuk menggunakannya.



Apabila anda tidak atau belum menyiapkan obat luka bakar di rumah anda, anda dapat mengobati luka bakar dengan bahan-bahan alami yang pastinya juga banyak terdapat di dapur anda: 

Mentimun dan Kentang
Ambil sepotong mentimun dan sepotong kentang dengan bagian perbandingan yang sama. Kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada badan/luka bakar. Campuran mentimun dan kentang menyerap panas dalam kulit dengan baik. Kentang mengandung anti perdangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membuat kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang trebakar sampe mongering, Lalu bilas dengan ir dingin. (Bisa dipakai salah satunya : mentimun atau kentang saja)

Lidah buaya
Ambil sebatang Lidah buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidahbuaya mampu meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Atau bisa anda haluskan (blender), lalu aplikasikan pada kulit luka bakar.

Tomat dan stroberi
Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim alami ini pada kulit luka bakar. Sangat cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sengatan matahari. Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat stroberi mampu meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar. (Bisa dipakai salah satunya : tomat / stroberi saja)

Susu atau Yoghurt
Apliaksikan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama beberpaa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga akan bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar sinar matahari.

Lemon
Peras sari lemon, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (sinar matahari). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar.

Oatmeal (Havermut)
Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga dapat menjadi obat yang berguna untuk luka bakar matahari. Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta oatmeal pada luka bakarmatahari, ini akan berefek mendinginkan kulit. Tunggu hingga mongering, bilas dengan air dingin.

Baking Soda
Cukup campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.

Teh Celup
Perawatan ini dapat sangat membantu untuk luka bakar matahari di area mata. Saat anda berlibur dipantai, lupa memakai kacamata hitam pasti akan rentan terkena luka bakar di area mata. Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari.
Bahan-bahan alami tersebut sebaiknya anda gunakan pada luka bakar ringan, dengan catatan tidak ada luka yang terbuka. Jika kulit terbakar anda mulai mengering/mengelupas, jangan Anda kelupas dengan sengaja. Karena akan beresiko menjadi luka bakar terbuka. Sebaiknya bilas kulit yang terkena luka bakar dengan air dingin.
Sebagai langkah pencegahan luka bakar karena sinar matahari, jika anda berencana diluar ruangan dalam waktu yang lama, sebaiknya lindungi kulit anda dengan tabir surya (sunscreen/UV protector). Ini juga membantu melindungi resiko kulit terkena flek bahkan kanker kulit.

Konsultasilah kepada dokter kulit jika anda mengalami luka bakar yang cukup serius atau dengan luka terbuka.