Filled Under:

Cara Pembuatan Tempe (Gambar)

Cara Pembuatan Tempe (Gambar), Tempe adalah makanan yang sangat terkenal tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri, Tempe adalah makanan murah tapi mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. tak heran jika tempe menjadi makanan yang populer di Indonesia.

Kandungan protein yang ada pada tempe hampir sebanding dengan kandungan protein dari daging, maka dari itu banyak yang memilih tempe sebagai alternatif pengganti daging. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, maka gunakanlah kedelai yang berkualitas pula saat membuatnya. Selain itu, cara mengolah kedelai menjadi tempe pun juga menjadi penentu pada kualitas tempe yang dibuat.

Dan selama ini, orang-orang hanya tahu bagaimana cara mengolah tempe, tapi tidak tahu agaimana proses pembuatanya. Di sini, saya akan membagikan sedikit tentang proses pembuatan tempe. Lengkpa diserta dengan gambar. Proses pembuatan tempa yang saya berikan disini saya dapat langsung dari tetangga saya yang kebetulan punya usaha pembuatan tempe.

Oke, langsung saja kita mulai



Bahan dan alat yang harus disediakan:

Bahan-bahan penting :
1. Kedelai yang bersih dan berkualitas (padat dan tidak dihuni ulat)
2. Ragi tempe
3. Daun pisang atau kantong plastik

Alat yang harus anda sediakan :
1. Kompor gas
2. Wadah
3. Alat untuk mengukus atau dandang
4. Kipas
5. Saringan 

Bahan pembuatan tempe :


Kacang kedelai 2kg
Ragi tempe 1 sdm
Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm

Cara membuat tempe :

Pertama, Kedelai direbus dalam kuali selama kurang lebih 1 jam sampai matang, (hal ini dimaksudkan agar kedelai menjadi lembek dan lunak, sehingga memudahkan dalam proses penggilingan). Kedelai yang sudah matang direbus, ukuranya menjadi lebih besar karena melar.

http://3.bp.blogspot.com/-4ev9R5OSceI/Tp9nfI7hzuI/AAAAAAAAFU8/C9OkvSIrLUI/s1600/1.jpg
Cara Pembuatan Tempe (Gambar)

Setelah itu, kedelai digiling dengan mesin giling, Hal ini bertujuan agar biji kedelai bisa pecah menjadi dua. Proses penggilingan ini bisa menggunakan mesin penggiling atau dengan menggunakan alat giling tradisional (di tempat tetangga saya mesin gilingnya maih menggunakan mesin giling tradisional yang dibuat dari batu, yang katanya belum pernah diganti sejak tahun 70-an, Edan, awet bener)

http://4.bp.blogspot.com/-zoMly9y2w4Q/Tp9nfVQBrQI/AAAAAAAAFVU/rNGT4ng1ztA/s1600/3.jpg

Jika sudah, saring dan cuci kedelai hasil gilingan, ini bertujuan untuk menghilangkan kulit tipis kedelai. cara pencucianya dengan menggunakan saringan nampan berbentuk kerucut. Atau nampan apa saja, yang penting berlubang.

http://3.bp.blogspot.com/-fr6VPFRrQtA/Tp9nf9r6C2I/AAAAAAAAFVc/6LLl8lR_JEw/s1600/4.jpg

Jika sudah, Dinginkan kedelai dengan cara meletakkanya di atas eblek (nampan lebar berbetuk lingkaran), jika sudah agak dingin, taburkan ragi tempe dan aduk secara merata.

http://2.bp.blogspot.com/-iojWI3zpfQQ/Tp9nfycBUHI/AAAAAAAAFVs/jWqe_2OrsdM/s1600/5.jpg

Bungkus kedelai dengan menggunakan daun atau plastik (Untuk pembungkusan dengan menggunakan plastik pastikan plastik sudah diberi lubang lubang kecil).

http://1.bp.blogspot.com/-zaJ4PeESaD0/Tp9nqeaeGDI/AAAAAAAAFV4/1ElaRFdQxPY/s1600/6.jpg

Tunggu selama 2-3 hari sampai kedelai benar-benar jadi dan siap diolah. Lihat hasilnya.

http://1.bp.blogspot.com/-mEFtZkVGrEg/Tp9nqY6qczI/AAAAAAAAFWE/6sFRsldIfcY/s1600/7.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-eTawtGIFk6Y/Tp9nqsL2VrI/AAAAAAAAFWM/cpivTAiQCCA/s1600/8.jpg

Demikianlah bagaimana cara membuat tempe sebagai bahan pembelajaran saja buat anda yang penasaran mengenai cara pembuatan tempe.
sumber: http://sekedar-tahu.blogspot.com