Filled Under:

Cara Diet Sehat Agar Cepat Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat Dan Cepat Menurunkan Berat Badan, Menurunkan berat badan memang susah-susah mudah tergantung dari seberapa besar keinginan serta konsistensi anda dalam menjalankan program diet yang ingin anda lakukan. Pola makan yang baik serta terjadwal mungkin menjadi salah satu kunci keberhasilan dari program diet yang anda jalani saat ini, tapi tentunya akan menjadi makin efektif lagi jika bukan hanya pola makan yang diatur saja akan tetapi juga jika anda memperhatikan nilai kandungan gizi dari makanan yang anda konsumsi.

Bagaimana cara memilih menu diet sehat ?. Diet sehat bukanlah sekedar mengurangi porsi makan melainkan menggunakan menu diet sehat untuk mengontrol pola makan agar tidak berlebihan dan kekurangan. Kebanyakan orang melakukan diet dengan cara-cara yang ekstrim yaitu dengan mengurangi porsi makan secara drastis agar tidak gemuk atau obesitas. Namun, hal ini justru tidak akan membawa kebaikan bagi tubuh kita, bahkan akan membawa penyakit karena kita memaksakan tubuh kita untuk bekerja keras setiap hari dengan porsi makan yang sangat kurang. Pola makan yang seperti ini akan merusak tubuh dan akan menjadi lebih mudah untuk terserang penyakit. Karena itulah, anjuran untuk diet adalah dengan memperhatikan jenis makanan sehat yang akan disantap.

Manfaat Diet sehat


Diet Sehat Dan Cepat Menurunkan Berat Badan
Bagi mereka yang melakukan diet hanya untuk melangsingkan badan, sehingga memperoleh penampilan prima. Namun dalam diet sehat mempunyai tujuan utamanya yaitu agar tubuh terhindar dari obesitas. Obesitas ini dilakukan dengan cara sehat sehingga berdampak baik bagi kesehatan.

Adapun usaha, harus secara perlahan sehingga badan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Bila perlakukan cara diet tidak secara perlahan atau secara eksrim dapat berakibat buruk terhadap kesehatan. Dampak buruk ini terjadi karena makanan yang kita makan tidak seimbang dengan aktifitas yang dilakukan setiap hari. Selain itu, diet ekstrm ini akan mempengaruhi perubahan pola makan secara total. Sehingga diharapkan tidak dilaksanakan.

Cara Memilih Menu Diet Sehat

Menu diet sehat dapat dilakukan menggunakan tetap menjaga porsi makanan yang seimbang dan dilakuakan secara teratur. Dalam menjaga kualitas menu makan perlu diadakanya makan secara teratur, yaitu diwajibkan adanya makan pagi, siang, dan makan malam. Waktu sarapan atau makan pagi diharapkan untuk tetap menjaga kualitas makanan bergizi dan porsi makanan yang seimbang ( tidak dikurangi bahkan dilebih-lebihkan). 

Sedangkan untuk minum disarankan meminum semua jenis minuman yang rendah lemak. Dan usaha menu diet sehat ini berkelanjutan pada waktu makan siang dan waktu makan malam, tentunya dengan porsi dan penuh gizi namun ada tambahannya yaitu diharapkan makanan yang dimakan penuh akan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain makan, adapun mereka yang suka dengan cemilan atau makanan rigan, sehingga dianjurkan untuk dikurangi dan dihindari pada waktu malam hari, kerena tidak adanya aktifitas tubuh yang terjadi pada malam hari. 

Dalam menu diet sehat dianjurkan untuk meminum-minuman rendah kalori seperti teh hijau dan mengurangi kadar gula dalam minuman. Untuk selanjutnya diperlukam untuk mengurangi porsi makan secara perlahan, dengan jangka yang relatif lama. Misalkan mengurangi satu sendok makan dalam kurun waktu 3 hari sekali dan berkelanjutan.

Selain makanan dan minuman diperlukan adanya buah-buahan sebagai menu penyeimbang. Memakan buah-buahan sangatlah dianjurkan dalam menjaga kesehatan. Dalam hal pemanfaatanya buah dapat dimakan secara langsung ataupunn dapat pula dibuat jus. Namun dalam pembuatan jus diharapkan menguragi kada gula sebagai pemanis. Selain buah, bagi mereka yang melakukan diet diharapkan untuk memperbanyak minum air putih. Sehingga akan mengurangi resiko dehidrasi dlam tubuh. Namun minum juga dapat menghambat rasa lapar. Dan tips memilih menu diet sehat ini akan berjalan dengan lancar bila ditambah olahraga yang dilakukan secara teratur.

Untuk lebih jelasnya mengenai Cara Diet Sehat bisa dilihat pada point di bawah ini:
  1. Pertama-tama kenali tubuh sendiri.
    Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman Anda. Saat Anda mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.
  2. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup.
    Seperti kata pepatah, "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang."
  3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur.
    Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk. Itu hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association tahun 2006.
  4. Jangan lupakan Sarapan pagi
    Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.
  5. Perbanyak Minum air putih.
    Cukupi kebutuhan air putih anda minimal 2 liter per hari.
  6. Berolahragalah.
    Jadikan itu sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi.Ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak keluarga untuk ikut bergerak. Awalnya mungkin agak aneh mendengarnya. Tapi begitu Anda mulai, bisa-bisa Anda lupa berhenti.
  7. Bebas Gula
    Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui napsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.
  8. Jangan melakukan tindakan ekstrim.
    Tindakan ekstrim maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua camilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien.
  9. Gosok gigi segera
    Setelah makan malam segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.
  10. Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke makanan.
    Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yg terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.
Moga dengan artikel ini progam diet sehat anda akan berhasil dengan baik. selamat mencoba.