Filled Under:

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil, Tahukah anda akan khasiat yang luar biasa yang terkandung dalam buah naga?. Buah naga, atau yang juga dikenal dengan nama Dragon Fruit, merupakan buah istimewa yang disinyalir berasal dari kawasan Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Di Asia sendiri, buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Tionghoa sebagai salah satu buah persembahan di acara keagamaan. Warna kulit buah yang satu ini memang cerah dan menarik sehingga pas untuk menyemarakkan suasana. Selain cantik, buah naga juga dikenal karena rasanya yang nikmat dan segar. Tak hanya itu, buah yang dalam bahasa Vietnam dikenal dengan nama Thanh Long ini, juga menyimpan sejuta khasiat terutama untuk ibu hamil. 


Seorang ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi optimal untuk mendukung kesehatannya sendiri sekaligus menunjang bayi dalam kandungannya. Pola makan ibu hamil haruslah sehat dan mencakup semua jenis kelompok nutrisi termasuk asam folat dan kalsium yang juga bermanfaat dalam pembentukan jaringan otak sekaligus tulang-belulang si bayi. Saat ini, memberikan buah naga untuk ibu hamil merupakan salah satu tren makanan sehat untuk ibu hamil karena buah ini memiliki manfaat gizi yang luar biasa. Zat-zat yang ada dalam buah naga tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan ibu hamil melainkan juga bayinya.
Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
Manfaat buah naga untuk ibu hamil antara lain sebagai sumber nutrisi yang lengkap karena buah naga mengandung multi vitamin seperti A, B dan C, mineral, zat besi serta antioksidan alami yang bukan hanya menjadi sumber gizi melainkan juga mendukung daya tahan ibu hamil agar kehamilannya selalu sehat. Zat besi juga merupakan pencegah anemia yang efektif, terutama karena ibu hamil memang mudah terserang anemia. Buah naga yang dimakan segar juga dapat menjadi alternatif makanan selingan yang menyegarkan dan tidak membuat perut mual atau sebah untuk ibu hamil, terutama karena ibu hamil terkadang susah makan di masa-masa tertentu kehamilannya. Buah naga mengandung glikemik rendah sehingga tidak akan menimbulkan resiko diabetes baik bagi sang ibu maupun janinnya. Buah naga juga mengandung asam folat yang penting untuk mendukung perkembangan otak janin serta kalsium yang dapat menyokong pembentukan tulang janin.

Khasiat buah naga untuk ibu diatas diperkuat dengan hasil temuan penelitian, Berdasarkan penelitian, buah naga memang mengandung beragam senyawa aktif yang baik jika dikonsumsi. Berikut uraian khasiat buah naga untuk ibu hamil.

Membantu Pembentukan Darah Merah

Dalam setiap 100 gram buah naga segar terdapat sejumlah 0,55 Fe atau Zat Besi. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan terhadap zat besi. Seperti diketahui, wanita yang sedang mengandung sangat rentan pada anemia. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, penyakit tersebut bisa ditanggulangi. Buah naga juga mengandung senyawa karbohidrat Folates yang berdasarkan penelitian, ternyata sangat dibutuhkan ibu hamil. Folates ini berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Jika wanita hamil kekurangan karbohidrat folates, kemungkinan besar bayi yang dikandungnya akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube Deffect dan juga cacat sistem saraf otak.

Kandungan buah naga tak hanya Zat Besi dan karbohidrat folates. Masih ada banyak senyawa lain yang bisa didapatkan dari buah berwarnah cerah ini, antara lain Vitamin C, fitokimia, protein, potasium, serat, karnohidrat dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian, manfaat buah naga untuk ibu hamil tentu sebagai penyumbang nutrisi kompleks yang baik bagi ibu dan janin. Istimewanya lagi, buah naga juga ternyata mengandung Vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi.

Cara mengkonsumsi buah naga
Buah naga untuk ibu hamil dapat di konsumsi dengan mudah. Anda dapat mengkonsumsi bagian daging buah naga tersebut, yang kemudian dapat di tambahkan dengan menggunakan susu. Buah naga ini juga dapat di campurkan dalam sup buah atau di jadikan jus buah naga, yang dapat di konsumsi secara rutin setiap harinya, dan anda harus memilih buah naga segar untuk di konsumsi setiap harinya. Dengan mengkonsumsi buah naga tersebut, tentunya seorang ibu hamil akan merasakan banyak keuntungan yang baik untuk kesehatan tubuhnya maupun kesehatan janian yang berada di dalam kandungannya. buah naga untuk ibu hamil memang memiliki peranan yang penting, sehingga harus anda konsumsi.

Bagi bunda juga perlu dibaca tentang artikel kami yang berjudul Dampak Merokok bagi anak kecil yang telah Blog Anomali DUnia buat sebelumnya.