Filled Under:

Cara Agar Anak Nafsu Makan

Cara Agar Anak Nafsu Makan, Bagaimana cara mudah mengatasi anak yang susah makan ?, Pada umumnya, balita memiliki kebiasaan susah makan. Sehingga hal ini kerap membuat para ibu jengkel hingga marah.

Cara Agar Anak Nafsu Makan

Namun, sesungguhnya sebagai ibu, Anda tidak perlu marah dalam menghadapi keadaan ini. Jika Anda marah saat anak tidak mau makan, maka hal tersebut hanya membuat anak semakin keras kepala.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa langkah meningkatkan nafsu makan anak :

1. Balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Oleh karena itu, mereka enggan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Agar balita tetap memperoleh asupan gizi yang cukup, Anda perlu mengatur jadwal makannya.

2. Mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung, jenang jagung dan lain sebagainya. 

3. Anda perlu mengontrol asupan cairan pada balita. Jika Anda memberikan susu kepada balita secara berlebihan, maka tidak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan cairan pada balita.

4. Jangan terus-menerus memberi jenis makanan yang sama pada balita. Mengubah menu makan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan balita.

5. Menambah multivitamin yang sesuai dengan kondisi dan umur anak misalnya selain ASI ditambah dengan susu yang dibutuhkan tubuh si anak (bisa melalui konsultasi gizi dengan dokter si anak). 

6. Agar aktivitas makan jadi kebiasaan bagi balita, Anda perlu memberinya makan dengan porsi kecil namun mengandung gizi tinggi.

7. Menambah makanan selingan dengan bahan yang bergizi diantara makanan utama misalnya dari ketela pohon direbus kemudian dihaluskan,kemudian dikepal, di dalamnya diberi gula merah, dicelupkan dalam adukan 1 butir telor lalu digoreng, atau wortel (tambahkan daging bila ada) dicincang, tumis dengan bawang putih dan daun bawang, masukkan bihun yang sudah ditiriskan tambahkan kecap sedikit, gula dan garam secukupnya. 

8. Salah satu faktor penyebab nafsu makan balita berkurang adalah mainan. Mungkin, si kecil sedang sibuk dengan mainan baru sehingga dia tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda perlu mengalihkan perhatian si kecil atau mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit.

9. Anda perlu menyajikan makanan secara unik dan menghiasnya agar balita tertarik untuk makan.

10. Dengan obat ramuan herbal. Mengatasi Anak Susah Makan, ternyata banyak cara untuk menyiasati-nya, salah satunya yaitu dengan menggunakan jamu. Jamu ini sangat terbukti dan efektif untuk membangkitkat nafsu makan si kecil anda. Ada baiknya juga apabila anda mencoba menggunakan cara tradisioanal dengan sistem cekok, disebut dengan simtem cekok karena saat meminumkan jamu ini dengan cara dipaksakan.
Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat jamu cekok ala siembah kita dulu ini sangatlah mudah, kita cukup menggunakan temulawak, yang sekarang masih banyak dijumpai disekitar empat tinggal kita, namun jika kesulitan anda dapat memperolehnya dipasar-pasar tradisional yang terdekat dengan anda.
Nah sebelum kita membuat jamu cekok, kita persiapkan bahan-bahanya yaitu, temulawak,garam dan air. Sedangkan cara membuatnya sangatlah mudah, siapkan temulawak seukuran ibu jari orang dewasa, garam seujung sendok makan dan air seperempat gelas. parut atau blender rimpang temulawak, peras airnya sampai menghasilkan 1-2 sendok lalu campur dengan garam, aduk hingga rata. Jika garam sudah larut, jamu cekok ini siap diberikan pada si kecil anda.

Nah agar lebih mujarab dan praktis jangan dicampur dengan bahan-bahan lain kecuali jika di ketahui campuran bahan tersebut bisa menunjang, seperti memperkecil dosis atau mengurangi rasa pahit temulawak, misalnya dengan di tambah kunir, gula dan garam. Namun penggunaan bahan campuran ini jangan terlalu banyak sebab semua bahan ini saling melemahkan, kecuali garam.

Apa khasiat temulawak ini ? seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa fungsi utama temulawak dari jamu jenis cekok ini untuk menambah nafsu makan meski hanya bersifat sementara dan hanya bereaksi dalam beberapa hari setelah mengomsumsi jamu ini.
Dan yang perlu dipertimbangkan adalah, sebelum mengonkumsi jamu cekok atau obat penambah nafsu makan si kecil anda, kita harus tahu efek kerjanya. Biasanya obat atau jamu tersebut hanya bersifat sementara, mempercepat lapar dengan durasi yang tidak teratur.
Kadang rasa lapar muncul setelah makan, kadang ketika tidur, ketika istirahat dll, dan ini sangat merepotkan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang memiliki anak yang susah makan.terimakasih atas kunjunganya.