Filled Under:

Makanan Penambah Nafsu Makan

Makanan Penambah Nafsu Makan Pada Anak dan Orang DewasaKurang nafsu makan umumnya terjadi pada anak-anak sebagai akibat perubahan pola makan. Namun beberapa penyakit juga bisa mempengaruhi dalam berkurangnya nafsu makan seperti penyakit hepatitis, demam dan infeksi tenggorokan.
Makanan Penambah Nafsu Makan
Faktor lain yang menyebabkan nafsu makan menurun dikarenakan  mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu dan perubahan hormonal akibat siklus menstruasi. Mereka yang memasuki usia tua juga bisa mengalami hal ini akibat berkurangnya aktivitas fisik dan hormon tubuh.

Di sisi lain, hilangnya nafsu makan bisa disebabkan kurangnya asupan zat gizi tertentu. Kekurangan zinc, misalnya, bisa menurunkan indra perasa dan penciuman. Demikian juga kekurangan kalium dan magensium.


Cara Alami Meningkatkan Nafsu Makan

  • Jika Anda sudah kehilangan nafsu makan selama lebih dari dua minggu, cobalah menambah asupan makanan yang kaya besi, magnesium dan kalium. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C setiap hari. Vitamin ini tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam tubuh dan perlu diperbarui secara teratur.
  • Cobalah mengonsumsi lima hingga enam makanan porsi kecil. Porsi kecil akan membuat Anda tidak terlalu bosan. Selain itu, pastikan makanan tersebut terdiri dari karbohidrat kompleks, seperti pasta, roti, kentang, nasi dan mie. Jika memungkinkan, pastikan Anda sarapan, meskipun hanya smoothie atau sepotong buah seperti pisang. Ini merupakan langkah awal yang baik dan menyediakan energi yang Anda perlukan untuk menghadapi hari.
  • Bagaimana dengan makanan kaya serat? Meskipun makanan kaya serat merupakan bagian penting dari diet, makanan ini akan memicu perut kembung jika Anda sudah tidak makan secara teratur selama beberapa waktu. Karena itu, cobalah mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah kecil hingga selera makan Anda membaik. Anda masih bisa mendapatkan serat yang mudah dicerna dari makanan seperti kentang dan sayuran akar, pisang serta nasi.
  • Pulihkan selera makan dengan makanan berpenampilan menarik dalam porsi kecil. Sebagai contoh, cobalah menyajikan satu sendok buah berry dengan yogurt.
  • Daun alfalfa. Sistem pengobatan tradisional China menggunakan daun alfalfa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan selera makan buruk. Alfalfa bisa digunakan dalam bentuk biji atau suplemen herbal.
  • Hindari minumam bersoda dan bergula, teh serta kopi. Selain itu, cobalah menghindari makanan bergula dan makanan olahan. Pasalnya, makanan ini kurang nutrisi dan menekan selera makan.
Menambah Nafsu Makan dengan Ramuan Herbal
Untuk mengatasi kurang nafsu makan pada anak / orang dewasa, kali ini blog Anomali Dunia akan memberikan obat tradisional untuk menambah nafsu makan.

Bahan:
  • Rimpang Temulawak (30 gram)
  • Gula Aren (1 sendok teh)
  • Air (3 sendok makan)
Pemakaian:
Parut rimpang temulawak hingga halus, kemudian tambahkan air sebanyak 3 sendok makan. Peras campuran tersebut dan saring. Tambahkan gula aren pada air perasan dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari.

Tambahan:

Makanan Penambah Nafsu Makan
Temulawak

Nama Ilmiah:
Curcuma Xanthorrhiza

Nama Daerah :
Jawa: Temulawak
Sunda: Koneng Gede
Madura: Temulabak

Ciri-ciri:
Temulawak termasuk jenis tumbuh-tumbuhan herbal yang batang pohonnya berbentuk batang semu dan tingginya dapat mencapai 2 meter. Daunnya lebar dan pada setiap helaian dihubungkan dengan pelapah dan tangkai daun yang agak panjang. Temulawak mempunyai bunga yang berbentuk unik (bergerombol) dan berwarna kuning tua.

Kandungan Kimia:
Daging buah (rimpang) temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol. Dan kurkumin yang terdapat pada rimpang tumbuhan ini bermanfaat sebagai acnevulgaris, disamping sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Semoga tips / cara / obat menambah nafsu makan diatas bisa bermanfaat bagi anda!