Filled Under:

Manfaat Dari Kandungan Air Cucian Beras Untuk Kulit Wajah

Manfaat Dari Kandungan Air Cucian Beras, taukah anda jika air cucian beras memiliki manfaat yang luar biasah untuk kulit kita?
Manfaat Dari Kandungan Air Cucian Beras
Kandungan Air Bekas Cucian Beras atau “leri”,
Umumnya orang jawa menyebutnya, ternyata mempunyai manfaat  yang besar. Tapi yang sudah diketahui pasti maanfaatnya untuk tanaman. Sedangkan untuk yang lainnya belum ada yang meneliti.
Bicara tentang manfaat pasti pikiran kita tertuju pada kandungan apa yang ada dalam air bekas cucian beras. Bicara tentang kandungan air cucian beras identik dengan kandungan yang terdapat pada kulit ari atau lapisan terluar dari beras karena yang larut dalam dalam air waktu mencuci beras adalah lapisan terluarnya saja. Padahal kandungan nutrisi beras yang paling tinggi ada dikulit arinya.
Pada waktu mencuci beras air bekas cucian beras biasanya keruh. Kandungan nutrisi apa yang terdapat pada air bekas cucian beras atau kulit ari beras itu sehingga menyebabkan airnya jadi keruh? Menurut penelitian kulit ari beras kaya akan kandungan serat  dan mengandung vitamin B1, B3, B6,Posfor, Zat besi dan mangan.
Kebanyakan orang membuang air bekas cucian beras.  Tapi tahukah Anda bahwa dalam kandungan air yang sepintas tak berguna ini terkandung manfaat luar biasa? Tak hanya bisa dipakai sebagai pupuk ke tanaman. Air ini pun ternyata bisa dipakai sebagai masker untuk mempercantik wajah Anda.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik kulit wajah Anda dengan masker air bekas cucian beras:

1.  Seusai mencuci, jangan buang dulu airnya. Tuang ke dalam wadah atau mangkuk kaca. Diamkan beberapa jam sampai terlihat sari pati beras ada di dasar mangkuk. Buang air yang ada di atasnya, sisakan sari patinya.

2. Pergunakan sari pati hasil endapan di atas sebagai masker. Ratakan ke seluruh wajah, tunggu sekitar 15 menit atau sampai masker mengering. Usahakan untuk tidak tersenyum, bicara apalagi tertawa  agar masker tidak retak sehingga tidak timbul kerutan di wajah.

3. Setelah kering, bersihkan wajah anda. Lakukan seminggu 2 kali. Sebaiknya lakukan malam hari saat aktifitas tak padat.

Setelah beberapa kali, kemungkinan ada pengelupasan pada kulit. Tapi jangan khawatir karena itu adalah prose pengelupasan kulit mati yang akan tergantikan sel kulit baru.