Filled Under:

Menghilangkan Ketombe Akut

Menghilangkan Ketombe AkutKetombe adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh setiap orang, dimana pada pada prosesnya terjadi pengelupasan kulit mati yang berlebihan dibagian kulit kepala. Pengelupasan kulit kepala yang disebut ketombe ini juga kerap diikuti dengan pemerahan atau iritasi pada bagian kulit kepala. ketombe memang sangat mengganggu. Selain terasa panas dan gatal di kepala, ketombe juga dapat menyebabkan anda menjadi minder. Mungkin anda menjadi ragu bahkan tidak berani memakai pakaian berwarna hitam dengan alasan takut ketombe yang jatuh di baju / pakaian anda terlihat oleh orang lain. Bagaimana cara mengatasinya?

Bagi anda yang mungkin memang dalam kesehariannya memakai jilbab atau hijab, anda pasti merasakan pengap, panas di kulit kepala anda. Hal ini wajar, karena jilbab / hijab anda memang membuat ruang nafas rambut anda tertutup. Nah, salah satu akibatnya adalah kulit kepala anda menjadi bermasalah, salah satunya ya ketombe ini. Benar begitu kan? Mungkin anda juga sudah berusaha mati-matian mengatasi ketombe yang anda alami, namun apakah semuanya berhasil? sudah berapa produk yang anda pergunakan untuk berjuang mengatasi masalh ketombe ini? hmm, silahkan dihitung sendiri berapa biaya dan apa saja produk yang sudah anda gunakan.

Menurut keterangan dari situs wikipedia, ketombe sebenarnya adalah keadaan kulit kepala yang mengalami pergantian dalam waktu yang terlalu cepat. Regenerasi kulit kepala merupakan sebuah kewajaran ketika siklus pergantiannya berlangsung normal. Namun jika siklus pergantian tersebut terjadi terlalu cepat maka kulit mati akan menumpuk di kepala, sehingga terjadilah yang disebut dengan ketombe.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketombe ini, diantaranya adalah:
  • Kulit berminyak, yang mana kondisi minyak berlebih ketika mengering akan menjadi ketombe.
  • Jamur, Pada kulit kepala juga terdapat mikro organisme berupa jamur yang diyakini sebagai penyebab ketombe. 
  • Keringat berlebih, Kepala yang mudah berkeringat dapat menyebabkan kulit mudah berganti ketika terjadi pergantian suhu. Lembab karena keringat dan tiba-tiba kering karena suhu akan menjadikan ketombe.
  • Faktor lain, ada beberapa faktor lainya yang diyakini menyebabkan ketombe, misalnya: Pemakaian minyak rambut, shampo yang tidak cocok, bilas shampo yang kurang bersih, strees, hormon tertentu pada tubuh, jarang cuci rambut, dan banyak lagi faktor lainya.


Menghilangkan Ketombe Akut

Bagi anda yang mengalami masalah ketombe tersebut dan berkeinginan untuk menghilangkanya maka bisa mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami dibawah ini:

1. Minyak Kelapa
Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini memiliki kandungan sarat dengan vitamin E dan asam lemak yang dapat memberantas ketombe. Caranya, gunakan minyak kelapa untuk pijat kepala anda sebelum tidur. Kemudian balut kepala menggunakan handuk panas dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya hingga bersih

2. Campuran Santan Kelapa, Nanas, Jeruk Nipis
Padukan beberapa bahan berupa santan dari setengah butir kelapa, dengan satu gelas buah nanas yang sudah di blender kemudian tambahakan perasan jeruk nipis ditambah satu gelas air kelapa. Aduk campuran tersebut hingga merata. Gunakan campuran tersebut pada kulit kepala anda selama lima hari sekali.

3. Garam
Garm bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit kepala. Ketika luka tidk lekas sembuh maka akan bertumpuk dan menjadi ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan garam untuk mencuci rambut. Taburkan dan gosok kulit kepala dengan garam secukupnya. Diamkan untuk beberapa saat sebelum membilasnya dengan shampo hingga bersih.

4. Jeruk Nipis dan Lemon
Jeruk nipis selain bermanfaat untuk menyehatkan rambut, ternyata bisa juga menghilangkan ketombe. Ambil 2 sendok makan jeruk nipis, kemudian usapkan pada kulit kepala. Selanjutnya remas-remaslah rambut dan kulit kepala anda. Siapkan segelas air dan tambahkan 1 sendok makan perasan lemon, lalu siramkanlah ke rambut anda. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini berulang ulang sampai ketombe benar-benar hilang. 

5. Cuka putih
Cuka putih diyakini sangat baik untuk menghilangkan ketombe. Caranya, campurlah secangkir cuka putih dengan secangkir air. Gunakan air campuran tadi untuk memijat-mijat kulit kepala anda setelah keramas, diamkan beberapa saat. Bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah berbagai cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang mungkin bisa segera Anda praktekkan agar ketombe akut anda cepat menghilang.