Filled Under:

Penyakit Mata, Jenis dan Penyebabnya

Penyakit Mata, Jenis dan Penyebabnya, Sakit mata adalah terganggunya fungsi mata sebagai alat indra yang biasanya terjadi pada bagian fisik mata dan juga bagian dalam mata.
Penyakit Mata, Jenis dan Penyebabnya
Hampir semua orang tidak bisa terhindar dari sakit mata, karena mata adalah salah satu alat indra yang tentunya sangat terbuka dan menjadi bagian paling vital pada organ tubuh manusia, dimana mata merupakan alat indra yang terus menerus dipergunakan.

Banyak orang mencari cara untuk mengobati penyakit mata, namun tidak banyak yang mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit mata.



Jenis-Jenis Sakit Mata

Rabun Dekat

Rabun dekat biasa disebut sebagai Presbyopia. Presbyopia biasa terjadi pada usia lanjut. Rabun dekat merupakan gangguan pandangan pada jarak dekat yang disebabkan oleh hilangnya akomodasi pada rentang usia 40-50 tahun. Pada usia ini, sering timbul kesulitan membaca atau melihat benda dengan jarak 25 cm. Benda maupun tulisan terlihat tidak jelas. Presbyopia biasanya dapat dibantu dengan kacamata positif.

Rabun Senja

Rabun senja atau nyctalopia adalah terjadinya kerusakan pada retina. Penyebab lainnya bisa karena retinitis pigmentosa, mata minus, dan pengaruh obat-obatan. Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh bawaan dari lahir. Penderita rabun senja tidak bisa melihat saat sinar yang ada di sekitarnya remang-remang atau pada malam hari.
Rabun Jauh
Rabun jauh menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Penyakit ini disebabkan adanya kelainan refraksi (proses pembiasan) sehingga fokus bayangan yang ditangkap jatuh di depan retina.

Katarak
Ini adalah penyakit mata yang biasa terjadi pada orang lanjut usia dan anak yang baru dilahirkan. Biasanya, pada bayi yang baru dilahirkan disebut katarak kongenital. Katarak pada usia lanjut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya cedera mata, penyakit metabolik, dan faktor lingkungan.

Hordeolum
Hordeolum adalah infeksi mata yang menyerang kelenjar mata. Penyakit mata ini biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri stafilokokus adalah semacam tonjolan kecil yang tumbuh di kulit. Tonjolan kulit tersebut mengandung nanah. Biasanya, dalam bahasa jawa penyakit ini disebut sebagai Trimbilen (Semacam benjolan kecil yang tumbuh di dekat mata).

Karena banyaknya jenis sakit mata, orang-orang berbondong-bondong mencari jalan keluar. Salah satu bentuk pengobatan mata adalah berupa operasi mata, pemakaian lensa, dan jalan keluar paling murah adalah dengan menggunakan kacamata.

Operasi dilakukan bagi mereka yang menderita sakit mata katarak. Tingkat yang lebih gawat lagi, operasi mata ini hanya dilakukan bagi penderita glaukoma yang dapat mengakibatkan kebutaan. Untuk kelainan mata seperti rabun dekat, jauh, atau silinder biasanya hanya disarankan untuk menggunakan lensa dan kacamata.
Gangguan mata rabun jauh masih dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan yang bervitamin A, seperti wortel. Hal ini membantu memperlambat tingkat kerabunan. Tetapi, bagi beberapa orang yang sudah menderita sakit mata level tinggi, dapat dilakukan terapi mata.

Mengobati Sakit Mata Merah

Cara alami mengobati sakit mata salah satunya yaitu melalui penggunaan bahan-bahan yang alami seperti bawang putih. Sakit mata seperti sakit mata merah atau yang biasa di sebut dengan belekan merupakan suatu penyakit yang tidak pandang usia. Baik anak yang masih kecil hingga orang tua mempunyai peluang yang sama untuk terkena penyakit ini.
Penyakit mata merah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang di tunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagain mata. Oleh sebab itu, penyakit mata merah merupakan jenis sakit mata menular.
Penderitanya akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi bengkak dan memerah, bahkan sampai mengalami kesulitan untuk membuka mata ketika bangun tidur, hal ini di karenakan menumpuknya kotoran di seputar kelopak mata yanga membuat pandangan si penderita menjadi kabur.
Berbeda dengan cara alami mengobati mata minus, untuk mengatasi penyakit mata merah, kita memerlukan cara alami mengobati mata yang sakit agar dapat meminimalisir efek samping yang biasanya di timbulkan jika mengkonsumsi obat mata. Berikut ini akan di ulas beberapa cara alami mengobati sakit mata:
  1. Basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  2. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit.
  3. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di gosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah.
  4. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci.
  5. Ulangi lagi langkah di atas beberapa kali
  6. Ada baiknya melakukan pengobatan ini sesaat sebelum anda tidur.
Cara alami mengobati sakit mata yang di jelaskan di atas dapat anda aplikasikan di rumah tapi sebaiknya dengan pengawasan orang lain, agar jika terjadi kesalahan ada orang lain yang bisa membantu anda. Hindarilah mengucek ataupun sekedar memegang mata jika terasa gatal.
Sebaiknya kurangi kontak langsung dengan mata orang lain agar mencegah menularnya penyakit mata yang anda derita.