Filled Under:

Cara Mudah Menghilangkan Noda Kotor di Baju

Menghilangkan Noda Kotor di Baju
Cara Mudah Menghilangkan Noda Kotor di Baju Mungkin karena ceroboh atau tidak sengaja, kita seringkali menumpahkan sesuatu ke pakaian atau baju kita. Jika kopi atau teh yang kita minum tanpa tambahan seperti krim, maka dengan cara membersihkannya seperti biasa itu sudah akan bisa diatasi, hilang bersih dari noda. Namun bila misalnya kopi dicampur dengan krim, apalagi pakaian tidak langsung dicuci maka akan sedikit kesulitan untuk menghilangkan noda tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda tersebut?, berikut cara-cara menghilangkan noda di baju dilihat dari jenis asal nodanya: 

1. Noda gula dan manisan. 
dibersihkan dengan cara dicuci dengan menggunakan air hangat kuku

2. Noda minyak, mentega dan lilin 

dibersihkan dengan punggung pisau kertas kelabu, setrika dengan panas hangat kuku diantara kertas kelabu, noda yang masih dibersihkan bisa menggunakan bensin, tetra atau air sabun. untuk menghilangkan lilin sebaiknya dipatahkan terlebih dahulu.

3. Noda akibat Teh/Kopi

Cuci noda teh atau kopi seperti biasa. Namun bila bercampur krim atau susu, noda harus dihilangkan dengan cara mencucinya di air panas yang dicampur dengan pemutih Khlorine.
4. Noda Hitam
Bila pakaian yang masih basah sudah diangkat dan disimpan, akan menimbulkan noda-noda berupa titik-titik hitam. Untuk menghilangkannya, buatlah campuran Salmaniak 1 sendok makan dicampur 3 sendok makan air. Kemudian basahilah pakaian dengan campuran tersebut, lalu langsung dijemur setelah kering, cucilah sampai bersih.
5. Noda Tinta
Hapus dengan Alkohol, Hair Spay, atau Aseton (Pemghilang Cat Kuku) sampai basah. Lalu bilas. Setelah itu gosokkan deterjen pada bagian nod. Cuci seperti biasanya. Bisa juga dibersihkan dengan Gliserin. Caranya gosokan Gliserin pada noda, kemudian cuci.
6. Noda Kunyit
Noda kunyit dapat dibersihkan dengan menggosok-gosokkan Kapur Sirih kepakaian yang terkena noda. Kemudian kelantang dibawah terik matahari.
7. Noda hairspray
Bagaimana menghilangkan noda hairspray yang melekat di baju sutra? Karena jasa laundry tak mampu menghilangkannya. Bagaimanapun pakaian yang terkena noda selalu dapat dibersihkan, baik diproses dalam keadaan kering maupun basah, menggunakan mesin maupun tangan. Untuk kasus ini, coba tuangkan sampo bayi di tempat yang terkena noda, lalu sikat perlahan. Bila noda tersebut malah melebar, segera hentikan proses ini, tapi jika dapat menghilang lanjutkan dengan membilasnya. Lalu rendam di dalam air, peras dan jemur, tapi hindari sinar matahari secara langsung. (ins)
8. Noda Karat Besi
Noda karat besi pada pakaian dapat dihilangkan dengan memakai Jeruk Nipis dan Garam. Campurkan garam ke air jeruk nipis sampai menjadi campuran yag agak kental. Semirkan ke titik-titik karat itu, kemudian gosok perlahan-lahan dan jemur di panas matahari. Jika masih belum hilang, ulangi beberapa kali hingga karat hilang
9. Bekas Permen Karet
Permen karet yang lengket pada bahan dapat dibersihkan dengan cara menggosok bagian yang terkena permen karet dengan Cairan Spiritus. Jika masih kotor, bersihkan lagi dengan air hangat yang dicampur sabun. Selanjutnya bilas dengan air besih.
10. Hangus akibat seterikaan
Noda hangus akibat seterikaan yang terlalu panas dapat dihilangkan dengan larutan Boraks 2 Persen, kemudian dengan Waterstof Peroksida 3 Persen yang hangat. Selain itu dapat juga digunakan larutan Kalium Permanganat 2 persen, kemudian Waterstof Peroksida 3 Persen. Setelah itu bilaslah dengan air besih.
11. Terkena Cat Kuku
Gunakan Penghapus Cat Kuku (Aseton) untuk bahan yang putih, sedangkan pada bahan yang berwarna, gunakan Amil Asetat (Minyak Pisang). Kemudian cucilah, ulangi lagi langkah ini bila belum bersih.