Filled Under:

Manfaat Jus Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Bit Untuk KesehatanBit merupakan sejenis sayuran berair yang berwarna merah. Selain menambah energi, bit juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayangnya, sebagian orang tidak menyukai bit karena bau dan rasanya yang langu. Uniknya, buah bit asal Amerika ini sering disangka umbi-umbian. Padahal bukan! Yuk, intip manfaat dari buah bit. Mengkonsumsi satu gelas jus buah bit setiap hari dapat menjaga tubuh anda tetap fit tanpa harus bersusah payah melakukan olahraga ke gym ataupun jogging. Walaupun rasa buah ini tidak terlalu enak untuk dikonsumsi, namun manfaat buah bit sangat baik bagi kesehatan. Bit merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang kaya akan gizi. Manfaat  buah bit sangat banyak. Bit memiliki latin beta vulgaris yang berasal dari keluarga tanaman  Amaranthaceae. Buah bit berwarna merah keungu-unguan. Buah ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami makanan.

Kandungan Nutrisi buah bit
Buah bit mengandung karbohidrat yang mudah diubah menjadi energy dan zat besi. Hal ini membantu memperlancar aliran oksigen ke  otak sehingga membantu keseimbangan  cairan dalam tubuh. Selain itu, buah mengandung beberapa zat lain, diantaranya adalah:
-          Asam folat, berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak. Selain itu asam folat juga baik untuk ibu hamil yang berperan dalam  pembentukan otak pada bayi.
-          Serat
-          Zat besi
-          Kalium
-          Vitamin C
-          Magnesium
-          Fosfor, berguna untuk memperkuat tulang
-          Tembaga berfungsi membentuk sel darah merah
-          Betasianin dapat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker
-          Tripofan
-          Caumarin yang berfungsi sebagai pencegah tumor.
Manfaat buah bit:

1. Tidak mengandung lemak

Sayuran berair ini tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Bagi Anda yang sedang berdiet, buah bit bisa jadi menu sehat yang kaya nutrisi. 

2. Penambah energi

Bit adalah salah satu sumber karbohidrat. Jadi, jika Anda merasa lemas dan tidak bertenaga, makanlah bit sebagai energi booster. 

3. Kaya asam folat

Asam folat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel-sel baru, khususnya untuk ibu hamil. Wanita hamil membutuhkan suplemen yang tepat dari asam folat. Alih-alih mengonsumsi pil kaya asam folat, lebih baik makan bit.

4. Bergizi

Sayuran merah memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bit merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, betaine, kalsium, mineral, magnesium, fosfor, niacin, dan besi.

5. Jantung sehat

Bit dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Disamping itu, bit juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan betaine dalam bit bisa mengurangi konsentrasi homosistein (zat yang berkontribusi terhadap penyakit pembuluh darah perifer dan stroke). Betaine juga mengurangi timbunan lemak dari aliran darah yang menghambat aliran darah ke jantung.
Selain itu buah bit juga memiliki khasiat lainya diantaranya: 
Anti kanker, Betasianin merupakan pigmen yang terkandung dalam buah bit. Pigmen  ini bermanfaat untuk mencegah kanker, karena dapat menghancurkan sel tumor dan kanker, mencegah penyakit stroke, Menurunkan kolesterol, Membersihkan racun dalam tubuh, Memperkuat daya tahan tubuh,  Mengobati infeksi dan radang,  Menghasilakn energy bagi tubuh, Memperpanjang usia, karena buah bit mampu mencegah berbagai penyakit dan memperkuat system imun.
Manfaat Jus Buah Bit Untuk Kesehatan

Cara Membuat jus buah bit
Cara mengolah buah bit sangat  mudah. Pertama, cuci terlebih dahulu buah bit yang akan digunakan untuk membuat jus. Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Setelah itu masukkan ke dalam alat penghalus seperti blender dan tambahkan sedikit air. Bila telah selesai diblender, saring airnya dan jus buah bit siap untuk dikonsumsi.