Filled Under:

Daftar Usaha Dengan Modal Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2013

Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2013 ini, Dengan Modal KecilPeluang bisnis rumahan saat ini menjadi perburuan bagi banyak orang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Biaya hidup yang semakin tinggi, kebutuhan meningkat, dan pendapatan dari gaji yang tidak sesuai dengan kebutuhan menjadi daya dorong tersendiri dan memunculkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan peluang usaha rumahan. Kalau anda sedang mencarinya, kali ini Anomali Dunia akan berbagi seputar usaha-usaha apa yang bisa anda lakukan dari rumah. Dari yang paling mudah dan murah, hingga yang agak kompleks.

Ada banyak peluang usaha menjanjikan yang belum ditemukan bahkan hanya sedikit yang mencobanya. Kita, terutama para pengusaha dengan modal yang besar biasanya hanya melirik peluang usaha yang telah lumrah dan bisa dijalankan dengan cepat. Memang begitu halnya ketika kita mempunyai modal besar, akan sulit dan malas untuk mengupas ide menarik yang sebenarnya sangat menjanjikan. Artikel ini akan memberikan sedikit inspirasi kepada Anda tentang 5 peluang usaha yang menjanjikan dan sepertinya menjadi hal wajib yang harus Anda tekuni.


Untuk memudahkan anda memilih bisnis rumahan yang cocok, kita klasifikasikan ide bisnis rumahan kedalam 2 kategori, meskipun nantinya bisa digabung. Yaitu bisnis rumahan online, dan bisnis rumahan offline. Mari kita ulas lebih lanjut !!!

Peluang Bisnis Rumahan Online dan Offline yang Menjanjikan

Bisnis Rumahan Online
Seperti yang kita bilang sebelumnya, bahwa bisnis rumahan online dan offline bisa digabung. Jadi tidak menutup kemungkinan, bisnis yang dijalankan secara online akan mendapat client dari offline, atau sebaliknya. Peluang-peluang online yang bisa anda manfaatkan :

1. Blogging

Blogging merupakan kegiatan yang awalnya hanya bertujuan untuk shaling sharing pengalaman antar pengguna. Namun perkembangannya sekarang ini, ngeblog bukan hanya sekedar sharing, tetapi juga untuk meraup dollar dan rupiah dari internet. Peluang ini memiliki banyak kelebihan misalnya saja, anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulai, bisa dikerjakan dimana saja, bisa menghasilkan passive income. Kelemahannya juga tidak sedikit, diantaranya butuh waktu cukup lama untuk memahami seluk beluk “blogging for money”, apalagi jika dilakukan tanpa adanya pembimbing. Bisa 2 sampai 3 tahun atau bahkan lebih untuk menemukan pola dan ritme yang baik dalam menghasilkan uang. Akan lebih baik jika kegiatan ini memang didasarkan dari hobi anda, dan menjadi sampingan di awal-awal memulai. Untuk anda yang ingin memulai peluang bisnis online ini, ingat untuk selalu fokus dan menjalankan apa yang sudah dimulai.

2. Agen Tiket

Mengapa agen tiket kami masukkan kedalam peluang bisnis rumahan online? Untuk menjadi agen tiket secara offline, anda membutuhkan dana yang cukup besar bila dibandingkan berbasis online. Setidaknya anda membutuhkan sebuah kantor plus kelengkapannya. Untuk berbasis online, langkah memulainya cukup sederhana. Anda tinggal mencari penyedia tiket yang membuka sistem keagenan. Biasanya mereka sudah memberikan fasilitas website untuk promosi. Jika anda mempunyai koneksi orang travel, itu akan jauh lebih baik. Saya sendiri mempunyai teman yang mempunyai usaha travel untuk wisatawan mancanegara di Borobudur, Jawa Tengah. Dari sharing yang beliau ceritakan, harga tiket yang beliau dapatkan bahkan jauh lebih murah dari harga-harga yang dipajang di website. Namun untuk mendapatkan harga termurah memang butuh jalan panjang dengan banyaknya koneksi di bidang travel. Mudahnya, anda bergabung dengan penyedia agen tiket yang sudah berjalan dengan baik. Modalnya sekitar 3 – 5 juta rupiah.
Peluang usaha rumahan yang satu ini juga memiliki kelemahan, anda butuh kerja keras untuk menghasilkan traffik / pengunjung ke website tiket anda. Apalagi saingan di kelas ini bisa dibilang cukup berat karena sebagian besar sudah berbentuk corporate yang mempunyai dana besar. Kalau anda tidak memiliki pengetahuan di dunia online sebelumnya dan mempunyai modal yang terbatas, mungkin bisa cari alternatif usaha rumahan yang lain.

3. Jualan Online / Toko Online

Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2013 Dengan Modal Kecil

Peluang ini cukup menjanjikan dan termasuk dalam bisnis rumahan dengan modal kecil, meskipun baik juga dilakukan dengan modal yang besar. Namun untuk anda yang memiliki modal kecilpun bisa memulainya. Perkembangan di dunia internet di Indonesia semakin meningkat, seiring dengan berkembangnya perangkat yang memungkinkan akses internet baik dari tablet, handphone, atau perangkat lama dari komputer dan laptop.
Meskipun membutuhkan skill dan strategi, namun jika anda sudah memiliki kemauan untuk berjualan, ini akan menjadi mudah. Skill dan strategi dalam menjual online akan anda temukan sendiri seiring berjalannya waktu.
  • Apa yang harus dijual?
Kalau melihat dari prinsip bisnis, ada beberapa kebutuhan yang selalu menjadi kebutuhan setiap orang. Pakaian, makanan, kebutuhan melahirkan, kebutuhan kematian, pendidikan, hiburan, kebutuhan tempat tinggal, pernikahan, kesehatan, komunikasi.
Nah, dari kebutuhan diatas, anda bisa memilih apa yang harus dijual. Bisa berupa pakaian, kebutuhan melahirkan, makanan spesial, souvenir pernikahan, produk kesehatan, atau alat telekomunikasi.
  • Jika tidak punya modal?
Beberapa lini bisnis diatas memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun jika anda jeli memperhatikan. Anda bahkan bisa memulainya tanpa modal. Bagaimana bisa? Pertama, coba lihat di sekeliling anda, apakah ada produsen pakaian rumahan? Atau pembuatan souvenir? Atau mempunyai snack yang sangat khas, dll. Coba utarakan minat anda untuk membantu penjualan mereka, kemudian meminta izin untuk melakukan foto terhadap produk mereka. 10 dari orang yang anda datangi, kemungkinan besar pasti ada yang berhasil, dan membolehkan anda menjualkan produknya. Itulah saatnya anda membuat blog khusus untuk berjualan. Rekomendasi kami melalui blogger.com, serta wordpress.com karena mudah untuk orang awam serta fitur yang cukup bagus. Namun untuk berjualan, saya pribadi merekomendasikan blogger, karena wordpress.com bisa melakukan suspend sewaktu-waktu jika anda ketahuan melanggar TOS/aturan mereka.
Tidak melulu melalui blog / website, jualan online juga bisa dilakukan melalui facebook dan twitter. Yang penting adalah konsekuensi anda untuk menjual dengan jujur, dan pelayanan terhadap customer yang memuaskan.

4. Jasa penulisan artikel
Anda tentu mengerti bahwa dunia internet dan dunia blogger saat ini berkembang begitu pesat. Dengan bergantungnya seseorang pada internet, tentu saja situasi ini bisa dimanfaatkan dengan sangat baik bagi Anda. apalagi, untuk mendapatkan koneksi internet bukan lagi hal yang mahal. Anda bisa memulai menjual jasa penulisan artikel karena akan ada banyak blogger yang memerlukannya dari waktu ke waktu.
Bisa Anda bayangkan apabila seorang blogger membutuhkan ratusan artikel untuk setiap websitenya, tentu saja hal tersebut begitu melelahkan bukan? disinilah peran Anda. tawarkan jasa penulisan artikel kepada mereka, dan Anda siap menjalankan usaha baru.

Bisnis Rumahan Offline

5. Usaha catering karyawan / anak sekolah
Usaha ini sangat menjanjikan jika rumah anda berada di sekitar komplek perumahan atau perkantoran. Peluang bisnis ini berlaku bagi pria maupuan wanita. Anda tidak harus selalu melakukan pekerjaan teknis seperti memasak. Anda bisa melakukan pekerjaan manajerial, ataupun melakukan strategy marketing dengan promosi yang tepat. Anda tinggal memilih orang terpercaya yang pandai memasak, dan ajak mereka bekerja sama sebagai karyawan ataupun partner.
Untuk membidik anak sekolah, pastikan makanan yang anda tawarkan menarik dan memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi mereka. Yang membayar makanan, orang tua mereka bukan? Jadi pastikan ambil hati orang tua mereka terlebih dahulu, kemudian memastikan anak-anak menyukainya.
Untuk menargetkan karyawan perkantoran, anda bisa mendatangi kos-kosan di sekitar anda, dan meminta izin kepada penjaga kos atau pemiliknya untuk melakukan promosi baik secara langsung maupun menempel poster.

6. Jasa Penitipan Anak


Bisnis rumahan ini juga sangat tepat dilakukan jika rumah anda terletak di komplek perumahan, atau dekat dengan komplek perumahan. Komplek perumahan biasanya dihuni oleh orang-orang yang sibuk bekerja diluar rumah. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.
  • Persiapan
Yang pertama, anda harus menyiapkan tempat yang nyaman, tempat bermain, serta pengasuh. Peluang ini bisa dijalankan baik jika anda juga mempunyai kecintaan terhadap anak-anak. Kalau anda hanya mengurusi manajemennya, maka pastikan para pengasuh anak-anak itu mempunyai attitude yang bagus. Anak-anak itu bisa sangat menggemaskan, tapi juga tidak sedikit yang merasa kerepotan mengurusnya. Gampang-gampang susah.


7. Usaha sate kelinci
Kampanye anti obesitas, makanan cepat saji, dan daging tanpa lemak saat ini begitu didengungkan. Anda akan melihat dimana-mana pesan secara lisan maupun tulisan tersebar untuk menolak obesitas. Nah, ambil celah ini untuk berjualan sate kelinci. Kenapa harus sate kelinci? Karena daging kelinci merupakan salah satu daging rendah kolesterol, sehat, dan sangat direkomendasikan.
Kemudian, cara beternak kelinci juga sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Anda hanya memerlukan rumput sebagai makanan, lingkungan kandang yang bersih, dan sistem perawatan yang sederhana namun rutin.
8. Usaha Laundry
Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2013 Dengan Modal Kecil

Saat ini, laundry merupakan salah satu incaran bisnis yang menarik. Kelebihan bisnis laundry salah satunya adalah: tidak beresiko akan produk yang basi atau tidak laku. Di mana laundry merupakan bisnis jasa, tidak memproduksi barang, sehingga tidak beresiko akan kesulitan akibat produk yang tidak laku. Tahun 1998 saat Indonesia dilanda krisis ekonomi, banyak bisnis di berbagai bidang yang babak belur dan gulung tikar. Namun ternyata, banyak bisnis di bidang jasa yang tetap kekar dan tak terpengaruh akan kendala krisis. Karena, bisnis jasa tidak memproduksi barang, dan tidak pula terpengaruh akan naik turunnya harga barang.
Saya berani berkata: “KALAU ADA BISNIS LAUNDRY YANG SEPI, ITU BOHONG!!.” Tak ada bisnis laundry yang sepi. Di banyak kota, terdapat rentetan jalan, dan semuanya baris-berbaris dan saling berjajar secara rukun, semuanya usaha laundry. Dan semuanya laku.


9. Jual Ketrampilan
Sebetulnya ini cara termudah untuk memiliki usaha rumahan yang mudah dan cepat. Apapun yang didasarkan pada skill dan kemampuan anda, tentu akan lebih mudah memperjuangkanya. Selain itu, dikemudian hari anda bisa merambah ke bisnis yang lain pula. Sekarang ini, misalnya anda mempunyai ketrampilan cara berhias, anda bisa membuka usaha rias. Anda mempunyai ketrampilan dekorasi rumah, anda bisa membuka bisnis dekorasi. Anda bisa membuat

Sebetulnya masih banyak peluang bisnis rumahan lainnya, tetapi yang terpenting bukan seberapa banyak anda mengetahui peluang bisnis, tetapi mana yang anda kuasai, dan sejauh mana anda berkonsisten menjalannya. Kalaupun anda belum menguasai, pilihlah yang kira-kira anda akan sanggup menguasainya dengan belajar. Pelajaran bisnis akan anda temukan dalam perjalanan. Jangan ragu untuk memulai. Kalau anda merasa ada kesulitan di tengah jalan, pastikan anda adalah bagian dari orang yang berhasil melewati kesulitan itu. Kalau semua bisnis itu mudah dan pasti berhasil dilakukan, maka tidak akan ada orang spesial yang berhasil dengan bisnisnya. Jadi, pastikan anda termasuk orang yang berhasil melewati ringanan bisnis anda.