Filled Under:

Khasiat Kandungan Susu Kambing Kaligesing Bagi Kesehatan

Khasiat Kandungan Susu Kambing Kaligesing Bagi Kesehatan, Kambing kaligesing merupakan kambing tipe dwiguna yakni sebagai penghasil daging dan penghasil susu. Produk susu mencapai 1.5-3.7 liter/ekor/hari dengan lama masa pemerahan (laktasi) hingga 7-10 bulan.
Khasiat Kandungan Susu Kambing Kaligesing Bagi Kesehatan
Ilustrasi

Khasiat dan kandungan susu kambing kaligesing
Susu kambing kaligesing memiliki beberapa kelebihan yang menyebabkanya menjadi daya tarik tersendiri laksana mutiara putih yang banyak dicari. kambing Kaligesing atau yang semula bernama kambing peranakan etawa (PE) memiliki banyak kelebihan yang cukup prospektif. beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

Pertama
Harga susu kambing kaligesing dijual cukup tinggi yakni Rp 20.000 per liter bahkan bisa mencapai Rp 30.000 di tangan konsumen. Harga ini tentu jauh dibandingkan dengan harga susu sapi yang berkisar Rp 3.000-Rp 4.000 per liter. Tingginya harga mungkin dikarenakan susu kambing ini dimanfaatkan sebagai terapi alternatif untuk kasus gangguan pernafasan seperti asma maupun infeksi paru-paru. Selain itu, susu kambing mampu mendongkrak stamina dan vitalitas tubuh konsumenya. Di luar negeri, selain untuk dikonsumsi, susu kambing juga banyak digunakan untuk prouk-produk perawatan kecantikan seperti mandi susu maupun bahan baku pembuatan sabun mandi.

Kedua
ada beberapa kelebihan dari susu kambing, yakni: 1). kandungan lemak susu dan ikatan karbon, susu kambing memiliki ukuran butiran (globula) yang berdiameter kecil (1-4.5 mm) dengan proporsi yang lebih tinggi yaitu 82.7 %, sedangkan pada sapi hanya sekitar 65.4%. Selain itu, 20% lemak susu kambing mempunyai rantai karbon yang lebih pendek (4-12 karbon) dan menjadikanya lebih mudah dan cepat dicerna dari pada susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing sangat cocok bagi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan (Lactosa intolerant). 2). kandungan protein, vitamin, dan mineral. Susu kambing mempunyai prosentase protein, vitamin dan mineral seperti kadar kalsium, phospor, kalium, magnesium, dan natrium yang lebih tinggi. dan kandungan tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh kita. 3). kadar fluorin dalam susu kambing mencapai 10-100 kali lebih tinggi dari pada susu sapi. Fluorin merupakan antiseptik natural yang mengandung elemen pencegah timbulnya bakteri dalam tubuh sehingga bakteri tidak mampu berkembang dengan baik pada orang-orang yang mengkonsumsi susu kambing.

Dengan demikian, mutiara putih dari kaligesing ini, ke depanya akan makin bersinar tidak hanya didominasi penjualan bibit semata yang mengancam keberadaan plasma nutfah unggul tetapi bisa diantisipasi dengan memaksimalkan potensi salah satunya produktivitas susu yang menjanjikan namun belum dioptimasikan.