Filled Under:

Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia

Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia - Apakah yang dimaksud dengan gula darah? Dalam ilmu kedokteran , gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah . Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.


Pada umumnya orang Indonesia tidak dapat meninggalkan kebiasaan makan nasi yang merupakan makanan pokok. Bahkan, ada yang merasa "belum makan kalau belum melahap nasi”. Makanan yang mengandung atau terbuat dari tepung seperti nasi, ketan, mi, bihun, singkong, ubi, kentang, roti, serta berbagai kue juga merupakan sumber gula (glukosa). Karena itu, penderita diabetes harus waspada ketika mengonsumsi makanan tersebut.

Bagi bukan penderita diabetes, untuk menjaga kadar gula darah normal adalah dengan menyeimbangkan kalori yang masuk (makan) dengan kalori yang keluar (kegiatan). Jika kita banyak melakukan kegiatan, kalori yang hilang dari dalam tubuh dapat diganti dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tepat, sehingga terdapat perputaran energi yang seimbang dalam tubuh. Jumlah seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar yang seimbang tidak akan menyebabkan penumpukan gula dalam darah.
Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit, jangan melakukan kegiatan yang terlalu berat. Sebaliknya, jika tubuh mendapat banyak kalori sementara kita tidak menyeimbangkannya dengan kegiatan yang sepadan, gula darah dapat mengendap di dalam darah dan selanjutnya dikhawatirkan akan menyebabkan penumpukan lemak. 

Berolahraga secara teratur selain membantu menstabilkan kadar gula darah juga membantu memelihara berat badan dan menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan berusaha memelihara kadar gula darah dalam tubuh, secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.



Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia
Bagaimana penggolongan/klasifikasi kadar gula darah kita?
1.    Gula darah anda kurang dari 40 mg/dl:Kadar gula darah anda amat rendah dan amat berbahaya. Kekurangan ini sudah bisa disebut hipoglikemia (kekurangan kadar gula dalam darah). Hipoglikemia paling sering terjadi pada orang yang sedang dalam pengobatan diabetes atau prediabetes.
2.    Gula darah anda di antara 40 dan 59 mg/dl:Kadar gula darah rendah. Kekurangan ini juga disebut hipoglikemia (kekurangan kadar gula dalam darah). Hipoglikemia paling sering terjadi pada orang yang sedang dalam pengobatan diabetes atau prediabetes.
3.    Gula darah anda di antara 60 dan 125 mg/dl:Selamat!!! Kadar gula darah anda dalam rentang normal. Namun, apabila kadar gula darah anda tepat 125 mg/dl, anda harus sedikit berhati-hati karena anda sedikit lagi memasuki rentang “normal tinggi” (lebih berisiko terkena diabetes)
4.    Gula darah anda di antara 126 dan 145 mg/dl:Memang, kadar ini dalam batas “normal tinggi”, tetapi anda perlu waspada karena rentang ini dapat mengindikasikan bahwa nada terkena diabetes. Semuanya tergantung dari kapan anda diperiksa, apakah anda diperiksa ketika puasa atau sehabis makan.
5.    Gula darah anda di antara 146 dan 199 mg/dl:Kadar gula anda termasuk dalam rentang “tinggi”, khususnya apabila anda diperiksa ketika anda sedang berpuasa (kadar gula puasa) yang berarti anda tidak makan dan minum (selain air putih) selama 8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Kemungkinan besar anda menderita diabetes, walaupun anda tidak menyadarinya.
6.    Gula darah anda di atas 200 mg/dl:Kadar gula darah anda amat tinggi. Anda pasti sudah menyadari bahwa ada kelainan pada diri anda karena terdapat banyak gejala-gejala yang terjadi (penyembuhan luka yang lama, misalnya).
Bagaimana cara memelihara gula darah?Untuk memelihara kadar gula darah yang normal dalam tubuh, sebaiknya kita mulai menjaga kadar gula di makanan yang dikonsumsi dengan membatasi konsumsi makanan yang manis-manis dan asupan karbohidrat. Karena itu, penderita diabetes harus waspada ketika mengonsumsi makanan yang mengandung karboidrat dan gula.Bagi bukan penderita diabetes, untuk menjaga kadar gula darah normal adalah dengan menyeimbangkan kalori yang masuk (makan) dengan kalori yang keluar (kegiatan).
Jika kita banyak melakukan kegiatan, kalori yang hilang dari dalam tubuh dapat diganti dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tepat, sehingga terdapat perputaran energi yang seimbang dalam tubuh. Jumlah seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar yang seimbang tidak akan menyebabkan penumpukan gula dalam darah.
Apa efek bila kadar gula darah rendah? Bila level gula darah menurun terlalu rendah, berkembanglah kondisi yang bisa fatal yang disebut hipoglikemia. Gejala-gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran.
Apa efek bila kadar gula darah tinggi? Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Tapi biasanya semakin tinggi kadar gula darah, maka seseorang akan semakin sering merasa haus dan ingin buang air kecil. Jika tidak ditangani dengan baik, kadar gula darah yang tinggi ini bisa merusak jaringan fungsi sel beta yang berfungsi mengeluarkan insulin dan menyebabkan pembuluh darah mengalami stres sehingga lama kelamaan bisa memicu terjadinya pengerasan di pembuluh darah.Kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko pengembangan diabetes tipe 2, penyakit  jantung dan stroke.


Cara Melakukan Test Kadar Gula Darah di Rumah

Cara Melakukan Test Kadar Gula Darah di Rumah
Penderita diabetes sebaiknya memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah.
Karena pemantauan kadar gula darah secara rutin adalah cara utama untuk mengontrol diabetes.
Pemeriksaan ini akan memberitahu kadar glukosa darah saat itu juga.
Ketika hasil pemeriksaan ini dibawa ke dokter, penderita akan memiliki gambaran mengenai respons tubuh untuk rencana perawatan diabetes selanjutnya.
Para ahli merasa bahwa orang dengan diabetes bisa mendapatkan keuntungan dari pemeriksaan glukosa darah karena mereka selalu dapat lebih mudah mengontrol kadar gula darahnya.
The American Diabetes Association merekomendasikan pemeriksaan gula darah jika Anda memiliki diabetes dan/atau salah satu dari kondisi di bawah ini:
• mendapat terapi insulin atau obat diabetes
• sedang menjalani terapi insulin secara intensif
• sedang dalam masa kehamilan
• mengalami kesulitan mengendalikan kadar glukosa darah
• memiliki tingkat glukosa darah yang sangat rendah atau muncul keton karena kadar glukosa darah yang tinggi
• memiliki kadar glukosa darah yang rendah tanpa didahului munculnya tanda-tanda peringatan
Jika Anda ingin memeriksa kadar gula darah di rumah, langkah-langkah di bawah ini akan membantu:
1. Setelah mencuci tangan, masukkan test strip ke alat ukur gula darah.
2. Tusuk ujung jari dengan jarum yang disediakan agar mengeluarkan darah.
3. Remas atau pijat jari sampai keluar darah (ukuran sampel darah yang diperlukan berbeda-beda tergantung alat ukurnya).
4. Pegang dan tahan ujung test strip sampai darah menetes pada test strip, dan tunggu hasilnya.
5. Kadar glukosa darah akan muncul di layar alat ukur.
Catatan: Masing-masing alat ukur memiliki perbedaan meskipun sedikit, jadi Anda harus membaca petunjuk manual untuk memastikan alat ukur bekerja optimal.